Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

GIZI PADA BALITA





1.   Pengertian Gizi
Gizi adalah makanan dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh yang berhubungan dengan kesehatan.

2.   PENGERTIAN MASA BALITA
Masa balita adalah periode perkembangan fisik dan mental yang pesat , masa balita adalah periode perkembangan fisik dan mental yang pesat. Pada masa ini otak balita ibu telah siap menghadapi stimulasi seperti belajar berjalan dan berbicara lebih lancar.
Balita memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dari orang dewasa. Mereka lebih butuh banyak lemak dan lebih sedikit serat. Cermati ini saat ibu merencanakan menu makan balita :
Porsi makan - porsi makan anak juga berbeda dengan orang dewasa. Mereka membutuhkan makanan sumber energi yang lengkap gizi dalam jumlah lebih kecil namun sering.
Kebutuhan energi & nutrisi – bahkan makanan sumber energi seperti karbohidrat, protein, lemak serta vitamin,mineral dan serta wajib di konsumsi anak setiap hari. Atur agar semua sumber gizi tersebut ada dalam menu sehari.
Susu pertumbuhan – susu sebagai salah satu sumber kalsium, juga penting dikonsumsi balita. Sedikitnya balita butuh 350 ml / hr. Susu pertumbuhan dari nutricia merupakan susu lenkap gizi yg mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia 12 bulan keatas dan menjadi pelengkap menu buah hati ibu.

3.  Mengatur makanan anak usia 1-5 tahun.
Dalam memenuhi kebutuhan gizi usia 1-5 thn hendaknya digunakan kebutuhan prinsip sebagai berikut:
1.     Bahan makanan sumber kalori harus dipenuhi baik  berasal dari makanan pokok seperti nasi, roti, kentang dan gandum.
2.     Berikan sumber protein nabati (kacang-kacangan, tempe, tahu )dan hewani (telur, ayam, daging).
3.     Jangan memaksa anak makan makanan yang tidak disenangi, berikan makanan lain yang diterima anak.
4.     Buah dan sayur seprti pisang, pepaya, jeruk, tomat, wortel. Jenis sayuran beragam mengandung zat gizi berbeda.
5.     Susu dan produk olahan susu seperti susu pertumbuhan, pastikan balita ibu mendapatkan asupan kalsium yang cukup dari konsumsi susunya.
6.     Berilah makanan selingan (makanan ringan) misalnya, biscuit atau roti dan semacamnya, diberikan antara waktu makan pagi, siang dan malam.
Beberapa makanan perlu perhatian ekstra untuk dihindari diantaranya makanan yang terlalu berminyak, pengawet, gunakan makanan segar untuk menu makan keluarga terutama untuk balita.

    Makanan anak usia 1 tahun belum banyak berbeda dengan makanan waktu usia kurang dari 1 thn, sebagaimana dijelaskan bahwa anak disapih lebih baik pada umur 2 tahun sehingga pada umum diatas 1 thn ASI masih diberikan pada anak.

          Pada umumnya makanan masih berbentuk lemak baik nasi, sayur dan lauk pauk seperti daging hendaknya dimasak sedemikian rupa sehingga anak mudah mengunyahnya dan mudah dicerna, anak mulai diajak makan bersama-sama keluarga yaitu makan pagi, siang dan malam.

Posting Komentar

0 Komentar