Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

LAS TIG (TUNGSTEN INERT GAS)




las tungsten

Gas Tungsten Arc Welding (GTAW) atau sering juga disebut Tungsten Inert Gas (TIG) merupakan salah satu dari bentuk las busur listrik (Arc Welding) yang menggunakan inert gas sebagai pelindung dengan tungsten atau wolfram sebagai elektrode. Skema dari GTAW dapat dilihat dalam Gambar, Pengelasan ini dikerjakan secara manual maupun otomatis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhf8fu0JU_6fCt_8tiu467jNAYemtu2wldlF_-hcR4tc3oB1NIyOMEudMcZ6XYDn5BIJRLNA1pqHRx8xL3n-CWy97Z5jKQW6O0Z5a6OcYBTiZCdA5Iw_lyDFDqeKedmvyfIeiCTliNKdg9t/s320/tig.png
 Gambar. Skema pengelasan TIG(tungsten inert gas)
Elektrode pada GTAW termasuk elektrode tidak terumpan (non consumable) berfungsi sebagai tempat tumpuan terjadinya busur listrik. GTAW mampu menghasilkan las yang berkualitas tinggi pada hampir semua jenis logam mampu las. Biasanya ini digunakan pada stainless steel dan logam ringan lainnya seperti alumunium, magnesium dan lain-lain.hasil pengelasan pada teknik ini cukup baik tapi membutuhkan kemampuan yang tinggi.
Pada pengelasan TIG ini tenaga yang dibutuhkan adalah tenaga listrik baik AC maupun DC. Tenaga listik hanya digunakan sebagai pemanas dan hanya untuk membuat busur nyala pada elektroda, bagian bagian pemdukung lainnya masih disuplai dari alat lain. peralatan yang sering digunakan sebagai pendukung dari las TIG ini adalah tabung gas Argon maupun gas lain yang dapat melindungi proses pengelasan dari pengaruh udara luar.

Posting Komentar

0 Komentar