Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

make a match



ABSTRAK


Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model yang sangat efektif dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar karena pada penerapan model ini siswa diajak untuk memahami materi pelajaran dengan cara bermain mencari pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang. Dalam suasana belajar yang menyenangkan, siswa merasa bersemangat dan mau terlibat dalam pembelajaran. Tentunya, hal ini memudahkan guru dalam mengajarkan materi PAI, khususnya dalam hal ini tentang “ Nabi dan Rasul”.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, tindakan, observasi tindakan, dan refleksi dan evaluasi  tindakan. Subjek penelitian adalah para peserta didik di kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian diolah, disajikan, diinterpretasikan, dan disimpulkan menggunakan pendekatan induktif – deskriptif.
Hasil penelitian: (1) Pada siklus I aspek kemandirian meningkat menjadi 72, 04 %, aspek keberanian siswa dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapat meningkat menjadi 75, 33 %, dan aspek kerjasama dengan tim meningkat menjadi 76,00 %. (2) Pada siklus II aspek kemandirian meningkat menjadi 81, 67 %, aspek keberanian siswa dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapat meningkat menjadi 84, 03 %, dan aspek kerjasama dengan tim meningkat menjadi 82, 53 %. Kesimpulannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN 2 Campang Raya.

Posting Komentar

0 Komentar