Test Footer 2

coment

Kamis, 30 Mei 2013

mini pulsa, rental komputer n print



BAB  I  
PENDAHULUAN

1.1 Judul Kegiatan      
                        Murahnya harga HP (Hand Phone) membuat masyarakat dari kalangan atas hingga kalangan bawah dapat menikmati komunikasi via HP, bahkan tidak sedikit masyarakat memiliki lebih dari satu hp dan lebih dari satu chip operator telekomunikasi, hal ini menarik minat kami untuk membuat sebuah server mini untuk dapat memenuhi memenuhi kebutuhan konsumen akan pulsa.
  Adapun peluang lainya adalah lokasi utama yang akan kami jadikan tempat usaha adalah lingkungan kampus yang mana selain kebutuhan pulsa ada lagi kebutuhan yang penting lainnya yakni rental komputer dan print.
Dari kedua peluang di atas maka kami berencana menggabungkan dua unit usaha menjadi satu atap sehingga menjadi efektif dan efisin sehingga kami mengambil judul kegiatan atau usaha, Server Pulsa Mini plus Rental Komputer dan Print.
1.2 Status Usaha          
Usaha yang akan kami jalankan ini adalah rintisan usaha baru yang bergerak di bidang jasa penyedian pulsa elektrik, fisik, rental komputer dan print.
1.3 Rasional Kegiatan
Usaha server mini plus rental komputer adalah usaha kecil yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman usaha ini bergerak dalam bidang penyediaan pulsa elektrik, pulsa fisik, rental komputer dan print, adapun hal yang melatar-belakangi kami dalam menjalakan bisnis ini antara lain adalah :
1.      Mengembangkan pengetahuan yang di dapatkan di bangku perkuliahan terutama jiwa wirausaha.
2.      Terbukanya peluang dalam dunia transaksi pulsa karena makin murah hp makin banyak pengguna hp dan makin banyak pula operator yang di gunakan sehingga penggunaan pulsa akan terus meningkat.
3.      Keterbatasan modal untuk membuat server inti sehingga yang kami pilih adalah server mini atau memanfaatkan keagenan yang kami peroleh dari penyedia pulsa elektrik lain, dengan tujuan agar terbiasa menggunakan server dan pada akhirnya dapat membangun server inti tersendiri.
4.      Mudah dalam melakukan pengontrolan transaksi karena kami adalah mahsiswa jadi waktu kami masih terbagi untuk menyelesaikan kuliah.
5.      Lokasi yang strategis, dekat dengan kampus dan SMK serta lokasi kost-kostan mahasiswa sehingga rental komputer dan print memiliki peluang yang besar unutk berkembang.
6.      Pulsa dan komputer merupakan kebutuhan pokok saat ini bagi masyarakat terutama mahasiswa/i dan pelajar.
1.4 Tujuan Kegaitan
                                    Tujuan dari kami mendirikan usaha ini adalah
1.      Terbukanya peluang untuk menjadi wirausaha.
2.      Menyediakan tempat yang dekat dalam melakukan pembelian saldo untuk transaksi pulsa elektrik.
3.      Penerapan Ilmu pengetahun yang di daptkan dalam bangku kuliah Fakultas Ekonomi selama kurang lebih tiga tahun.
4.      Menjadi mahasiswa mandiri sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada pemberian orang tua.
5.      Membuka lapangan pekerjaan baru bagi pekerja dan agen-agen yang tergabung dalam Myupgrade.

BAB  II
METODE PELAKSANAAN
2.1 Produk
Produk yang akan kami tawarkan adalah
1.      Pulsa elekterik, di mana keunggulan pulsa elektrik dari Myupgrade adalah transaksi cepat dan stabil, harga yang di tawarkan adalah harga eceran terendah untuk counter dan counter berjalan.
2.      Pulsa Fisik, di mana pulsa fisik yang kami tawarkan adalah harga untuk grosir atau untuk counter sehingga walaupun untung tiap pcs  kecil namun,  kami lebih menekankan pada volume penjualan dan media promosi.
3.      Rental komputer dan print dimana kedua elemen tersebut adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Dan sangat di butuhkan bagi mahasiswa, pelajar serta masyarakat disekitar lingkungan Unila.
2.2 Bahan Baku
     Karena perusahaan atau unit usaha kami bergerak dalam bidang jasa dan penjualan maka,  kami tidak menggunakan bahan baku.
2.3 Pemasaran
                        Segmen pasar yang kami bidik untuk sementara waktu dua tahun kedepan adalah, masyarakat umum di Lampung dan mengkhususkan kepada mahasiswa dan pelajar dilingkungan Unila dengan tidak menyampingkan masyarakat di Lampung dan tiga tahun kedepannya kami akan memperluas pemasaran dengan melakukan pemasran di luar provinsi lampung.
                  Berikut ini adalah hal-hal yang kami perhatikan untuk pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1.     Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2.     Biaya konsumen (cost to the customer),
3.     Kenyamanan (convenience), dan
4.     Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Dalam menganalisis peluang (aspek pemasaran) kami dapat menganalisisnya dari empat bauran pemasaran (4P). Dengan harapan setelah kami menganalisisnya kami akan mengetahui bagaimana peluang usaha ini nantinya.
  1. Tempat yang strategis (place)
      Dari aspek tempat kami memilih empat tempat yang kami analisis cukup strategis karena dipusat keramaian adapun ke empat tempat tersebut terletak di :
    1. Jl.Bumi Manti (kampung baru, Unila), di sini adalah kantor dan tempat utama untuk pengoperasian perusahaan. Dimana terdapat usaha server mini dan pengoperasian rental komputer dan print.
    2. Jl.Untung Suropati (Kompleks Ps.Tempel Stasiun), Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
    3. Jl.P.Antasari Gg.Sadar No.04, kedamaian, Bandarlampung. Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
    4. Jl.Merak (Kompleks Ps.Tugu), Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
  1. Produk (product)
                  Aspek produk dalam perdagangan menyangkut pengetahuaan mengenai pulsa dan rental komputer serta print yang mana kebutuhannya sangat penting bagi masyarakat atau konsumen.
3.  Harga (Price)
Dalam segi harga kami menganalisa pasar dan menetapkan harga pasar terendah sehingga calon konsumen akan tertarik untuk bergabung bersama Myupgrade baik dalam hal pulsa maupun penggunaan jasa rental komputer dan print, dengan mengambil laba per transaksi untuk pulsa elektrik Rp.50 dan Rp.50 di berikan kepada agen yang medaftarkan agen lain membuat usaha kami akan terus berkembang.
4. Promosi (Promotion)
                        Promosi sangatlah penting dalam menginformasikan produk kepada pelangaan dan calon konsumen. Adapun media promosi yang kami lakukan adalah :
1.      Pamplet dan Brosur.
2.      Sepanduk di depan tempat usaha.
3.      Bonus transaksi pulsa /bulan dan member yang aktif /tiga bulan.
4.      Pengurangan harga percetakan jika melebihi kuota yang di tentukan.
5.      Membuat konsumen merasa puas dengan pelayanan dan jasa kami sehingga dengan sendirinya mengabarkan kepada orang-orang di sekitar mereka.

2.4 Gambaran perhitungan transaksi
Tabel 2.4.1 Target pasar selama lima tahun kedepan dalam segi pulsa
Tahun usaha
Jumlah Konsumen
Jumlah transaksi / hari
Jumlah Produk
2010 – 2011
200 agen
10 transaksi / agen
-
2011 – 2012
300 agen
20 transaksi / agen
-
2012 – 2013
400 agen
20 transaksi / agen
-
2013 – 2014
500 agen
20 transaksi / agen
-
2014 – 2015
600 agen
20 transaksi / agen
-
      Ket: transaksi perhari adalah rata-rata transaksi perbulan
Tabel 2.4.2 Target pasar selama lima  tahun kedepan dalam segi print
Tahun usaha
Jumlah cetak /hitam
Jumlah cetak /warna
Jumlah Produk
2010 – 2011
100/hari
20/hari
-
2011 – 2012
200/hari
25/hari
-
2012 – 2013
300/hari
30/hari
-
2013 – 2014
400/hari
35/hari
-
2014 – 2015
500/hari
40/hari
-
      Ket: jumlah cetak perhari adalah rata-rata cetak perbulan
Tabel 2.4.3 Target pasar selama lima tahun kedepan dalam segi voucher
Tahun usaha
Jumlah transaksi
Margin per Transaksi
Jumlah Produk
2010 – 2011
200 agen
Rp.150,-
-
2011 – 2012
300 agen
Rp.150,-
-
2012 – 2013
400 agen
Rp.150,-
-
2013 – 2014
500 agen
Rp.150,-
-
2014 – 2015
600 agen
Rp.150,-
-
      Ket: transaksi perhari adalah rata-rata transaksi perbulan





BAB  III
TARGET LUARAN

3.1 Target produk :
                        Produk yang akan dihasilkan atau tawarkan adalah saldo pulsa elektrik, voucher pulsa fisik dan rental komputer serta print adapun target produk terjual untuk saldo pulsa elektrik adalah 10 transaksi /hari /agen dengan margin keuntungan rata-rata Rp.50,- per transaksi. Penjualan voucher fisik 200 pcs / hari dengan margin keuntungan rata-rata Rp.150,-. Jasa rental komputer 10 orang / hari dengan harga Rp.1.000,-/jam pengoperasian selama 12 jam dan jasa print 100 lembar /hari untuk hitam dan 20 lembar /hari untuk warna dengan harga Rp.200,-/ hitam dan Rp.500,-/untuk warna.
3.2 Target konsumen
                        Target konsumen yang kami bidik untuk pulsa elektrik dan fisik antara lain, counter pulsa dan counter berjalan yang ada di Lampung dan luar Lampung dari kalangan masyarakat umum, dan pelajar serta mahasiswa. Sedangkan target konsumen untuk rental komputer dan print adalah mahasiswa, pelajar, karyawan dan masyarakat umum di sekitar Unila yang sangat membutuhkan komputer dan print untuk menunjang pekerjaan meraka.
3.3 Target pendapatan
                        Adapun target pendapatan bersih rata-rata yang kami inginkan adalah Rp.5.000.000,-/bulan selama lima tahun.





BAB IV
Rencana Operasional
4.1 Proses Operasional
                        Untuk memulai proses, kami melakukan beberapa tahapan proses antara lain:
·      Pembuatan mini server dan rental komputer
Ada dua tahapan dalam perencanaan operasional yakni pembuatan mini server dan pembuatan rental komputer dalam satu atap. Pertama pembuatan mini server diletakan kedalam ruangan khusus yang hanya karyawan dan pemilik yang dapat masuk kedalamnya dan peletakan etalase (sudah ada) untuk voucher fisik di depan pintu masuk berbentuk L dan tahap kedua adalah peletakan tiga buah komputer dan dua buah printer di sebelah kanan ruangan agar terlihat rapih.
·         Proses Transaksi
Transaksi terbagi atas dua transaksi transaksi pulsa dan transaksi rental komputer, tiap-tiap transaksi di tangani oleh satu orang karyawan, adapun tugas karyawan rental lebih banyak membantu karyawan untuk transaksi pulsa di karenakan akan lebih banyak transaksi pulsa yang akan terjadi.
4.2 Penjualan produk atau jasa
Beberapa hal dalam melakukan penjualan produk dan pelayanan jasa:
1.      Setiap transaksi yang terjadi di bukukan kedalam pembukan harian baik pulsa maupun rental komputer.
2.      Pembukuan operasional usaha dilakukan setiap hari agar tidak terejadi penumpukan pembukuan.
3.      Setiap transaksi pulsa di sertakan nota penjualan ke pada konsumen dan copy  nota ke pemilik.
4.      Setiap terjadi percetakan yang salah maka hasil cetakan disimpan untuk di bukukan ketika akhir bulan.
5.      Jika ada komplain pelanggan mengenai pulsa yang belum masuk di tangani paling lama 1 x12 jam dari komplain di terima, sehingga konsumen merasa puas.
4.3  Peralatan
Adapun peralatan yang kami butuhkan
Tabel 4.3 Peralatan
4.4  Kegunaan listrik dan pulsa, perhitungan biaya kegunaan
            Untuk menunjang aktivitas operasional, diperlukan listrik.  Biaya yang harus dikeluarkan adalah Total biaya per bulan  Rp.550,000,- dan untuk pulsa sudah dikurangi dari margin pertransaksi, dan  hal tersebut dilihat dari biaya pemakaian listrik dan pulsa per bulan.
4.5  Bahan Baku
Karena usaha kami bergerak dalam bidang penjulan pulsa dan jasa maka kami tidak menggunakan bahan baku untuk proses prusahan, namun yang kami gunakan adalah komputer, pulsa elektik, voucher fisik, modem, tinta printer dan kertas ukuran A4 dan F4.


4.6  Tenaga Kerja

Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini adalah sebagai berikut :

·           2 orang karyawan
1 Orang teknisi lepas (jika ada masalah dalam server baru bekerja)

0 komentar:

bersama kopma

bersama kopma
ceria

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Google+ Followers

Translate