Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Rencana Bisnis makanan



I.                   Pendahuluan
A. Latar belakang

Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis Aneka Nasi Goreng.

Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.

B. Tujuan

Tujuan membuat usaha aneka Nasi Goreng adalah pangsa pasar masih luas. Karena masih banyaknya tukang nasi goreng yang hanya menjual nasi goreng nya dengan menu seadanya sehingga masyarakat pun jenuh dengan nasi goreng yang hanya bermenu telur goreng. Untuk itulah saya membuat inovasi baru dalam menu nasi goreng ini agar masyarakat tidak jenuh dan pendapatan pun meningkat. Untuk saat ini pun saya belum melihat persaingan dari usaha ini, untuk itulah usaha ini patut dijalankan karena potensi nya sangatlah besar.

C. luaran/output yang diharapkan

  1. Konsumen Potensial
Dengan merujuk pada target pasar yang telah disebutkan sebelumnya, maka kami dapat mengklasifikasikan konsumen potensial yang akan membeli produk Aneka Nasi Goreng melalui tabel berikut.

Tabel 1  Konsumen Potensial
                                                                                    *Wilayah Bandar Lampung
Konsumen
Perkiraan Jumlah
Target
Konsumen Potensial
Kalangan Muda
500.000 Jiwa
2%
10.000 Jiwa
Komunitas
20 Komunitas
10%
2 Komunitas

2.       Analisa Permintaan Yang Akan Datang
Dengan perkiraan pertumbuhan penduduk di wilayah Natar sebesar 2%, maka dapat diperkirakan jumlah permintaan akan produk Aneka Nasi Goreng selama tiga tahun ke depan adalah sebagai berikut:

Tabel 2 Analisa Permintaan
Tahun
Konsumen Potensial
Harga Normal per Porsi
Perkiraan Permintaan Yang Akan Datang
Tahun ke I
10.000
10.000
100.000.000
Tahun ke II
11.000
10.000
110.000.000
Tahun ke III
12.000
10.000
120.000.000



3 Ramalan Penjualan

Tabel 3 Prediksi Penjualan
Tahun
Prediksi Penjualan/Tahun
Prediksi Penjualan/Bulan
Prediksi Penjualan/Hari
Tahun I
10.000
833
27
Tahun II
11.000
916
30
Tahun III
12.000
1.000
33

II. Gambaran Umum Rencana Usaha

A. Gambaran umum usaha

aneka nasi goreng ini hadir dengan tujuan memuaskan konsumen. Tetap hakikatnya konsumenlah yang menjadi prioritas dan kepercayaan konsumenlah yang dapat membesarkan usaha ini. Gambaran umum usaha ini konsep nya seprti nasi goreng seperti biasanya namun agak sedikit berbeda yaitu dengan konsep lesehan dan dapat mendengarkan music pula. Target pasar kami pun kalangan muda yang ada disekitar Bandar lampung karena kalangan muda suka dengan inovasi untuk itulah saya akan membuat perubahan menu setiap bulan nya sesuai dengan permintaan konsumen saya nanti. Dan saya yakin usaha ini akan berjalan lancer dan banyak konsumen karena letak lokasi ini pun berada di pinggir jalan raya disekitar way halim.

 Tenaga kerja

Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan untuk permulaan adalah 3 orang dengan posisi sebagai berikut:
1.      Pemilik usaha                                            : 1 (Satu) Orang
2.      Koki                                                          : 1 (Satu) Orang
3.      Cleaning Servis                                         : 1 (satu) Orang

B. Rencana Pemasaran
1.      Analisis Pasar
Sasaran utama usaha kami adalah kalangan muda yang jenuh dengan menu makanan yang begitu-begitu saja.
2.      Berikut adalah tipe saluran distribusi yang akan kami terapkan:

Gambar Tipe Saluran Distribusi



 



C. Deskripsi Produk

Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan Aneka Nasi Goreng.

Tabel Daftar Harga Produk
Produk Nasi goring
Harga
Produk Minuman
Harga
Nasi Goreng
8.000
Es Capuccino
8.000
Nasi Goreng Seafood
15.000
Es Campur
7.000
Nasi Goreng Jamur
13.000
Es Kopyor
7.000
Nasi Goreng Ikan Asin
13.000
Jus Alpukat
10.000
Nasi Goreng Calamary
15.000
Jus Semangka
8.000
Nasi Goreng Vegetarian
12.000
Jus Mangga
8.000
Nasi Goreng Beef
18.000
Jus Jeruk
8.000












D. Analisa keuangan

Analisa dilakukan untuk mengetahui berapa modal yang harus kita investasikan dan juga untuk mengetahui apakah bisnis ini layak kita jalankan
  1.  Perencanaan Investasi
Terlampir

2.       Analisis Break Even Point

Terlampir

3.      Kesimpulan

Berdasarkan hasil survei dan perhitungan finansial business plan yang telah dibuat, proyeksi rugi laba, aliran kas, sebagaimana diuraikan di atas, maka jelaslah bahwa bisnis aneka nasi goreng  layak untuk dijalankan dan akan mendatangkan keuntungan.

III.  Metode pelaksanaan usaha

  1. Distribusi dan Promosi

Bisnis nasi goreng adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri nasi goreng dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama nasi goreng kita sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara keluarga, RT atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita. Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan pelit/segan memberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi.
  1.  Tempat usaha
`           Warung Aneka Nasi Goreng berlokasi di Jalur Dua Way Halim (sebelum lampu merah way halim) Way Halim, Bandar Lampung. Lokasi ini dinilai cocok untuk menjalankan usaha kami karena selain strategis, lokasi ini berada di pusat jalan utama/jalan raya. Dan rumah sendiri jadi hemat ongkos sewa tempat.

IV. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan usaha ini dapat dilihat dalam table berikut :
Bulan
Kegiatan
Bulan ke 1
Persiapan pembuatan Warung dan Lokasi
Bulan ke 2-3
Promosi melalui Banner dan penyebara pamphlet serta media cetak
Bulan ke 4-10
Penjualan produk
Bulan ke 10-12
Perencanaan buka cabang












LAMPIRAN
Aneka Nasi Goreng

Estimasi Biaya Yang Diperlukan

No
Keterangan
Biaya
Sumber Dana

Pribadi
Pinjaman

1
Perlengkapan





Gerobak
3.000.000
 -
3.000.000


Alat Masak
1.000.000
 -
1.000.000


Auning Terpal
300.000
 -
300.000







2
Sewa Tempat 6 bulan
3.000.000
 -
3.000.000







3
Bahan makanan @bulan
2.500.000
 -
2.500.000







4
Biaya operasional
100.000
 -
 100.000


Biaya tidak terduga
100.000
 -
 100.000


Total Biaya Yang Diperlukan
10.000.000
 -
10.000.000



Analisis Break Even Point

Keuntungan perbulan tiap item Rp. 5.000
Biaya 2 karyawan Rp. 700.000
Biaya operasional Rp. 200.000

Jadi keuntungan perbulan adalah 
= ( 5.000 x 833) – gaji karyawan – biaya operasional
= 4.165.000 – 700.000 – 200.000
= 3.265.000/30 hari
= 108.833 dibulatkan 108.000/hari

Jadi break even point akan terjadi pada hari ke 92 atau 3 bulan 2 hari.

Posting Komentar

0 Komentar