Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Roda Kereta api



A.           Roda

Roda merupakan suatu piranti berbentuk bulat yang bekerja dengan cara berputar pada porosnya. Pada kereta api roda berputar berada dalam satu gerakan bersama porosnya untuk menghasilkan gerak maju atau mundur (Wikipedia). Umumnya roda kereta api terbuat dari baja karbon dari berbagai kelas sesuai dengan standar nasional dan internasional. Roda lokomotif pada umumnya terbuat dari baja yang memiliki kandungan karbon 0,57 – 0,67%, dan berbeda dengan roda yang ada pada gerbong .

Secara umum roda pada kereta api terbagi dalam tiga jenis (Naresh Kumar) yaitu :
1.    Tyred wheel
Tyred wheel adalah jenis roda kereta api yang terdiri dari dua bagian yaitu pelek dan bandage. Roda jenis ini memiliki keunggulan yaitu biaya perawatan yang murah dikarenakan pelek dapat digunakan berkali-kali. Akan tetapi roda jenis ini kurang baik diterapkan pada kereta api yang bekerja dengan membawa beban yang berat. Biasanya roda ini dipakai pada gerbong penumpang kereta api.
2.    Cast steel wheel
Cast steel wheel adalah jenis roda kereta api solid yang dibentuk dengan proses penuangan dan pencetakan baja karbon. Dapat diaplikasikan pada gerbong dan lokomotif. Roda ini lebih murah dibandingkan dengan roda yang ditempa, tetapi usia pakai roda ini lebih cepat.
3.    Solid monoblock wheel
Solid monoblock wheel adalah jenis roda solid yang dibentuk dengan proses penempaan. Ini adalah jenis yang paling umum digunakan pada sistem kereta api modern dan biasanya diaplikasikan pada roda lokomotif. Solid monoblock wheel memiliki kekuatan material yang lebih baik dibandingkan dua jenis roda diatas, dibuat dengan ukuran 840 – 1140 mm.

Posting Komentar

0 Komentar