Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

SADARI "perikSA payuDAra sendiRI"



A. Tahukah anda sadari?
Sadari asdalah perikSA payuDAra sendiRI.

B. Tujuan dari pemeriksaan payudara itu sendiri
     adalah untuk mendeteksi sedinimungkin terjadinya kanker payudara

C. Mekanisme cara pemeriksaan payudara sendiri yaitu :
*   Didepan cermin, perhatikan payudara dengan teliti. Dalam pemeriksaan ini dianjurkan perempuan yang bersangkutan tidak berbusana / berpakaian dengan posisi kedua lengan lurus kebawah. Perhatikan ada tidaknya benjolan atau perubahan bentuk pada payudara. Amati dengan teliti seluruh bagian payudara.
*   Angkat kedua lengan lurus keatas dan ulangi pemeriksaan seperti diatas.
*   Dengan kedua siku mengarah kesamping, tekanlah telapak tangan yang satu kuat-kuat pada yang lain. Cara ini akan menegangkan otot dada dan perubahan seperti cekungan atau benjolan akan lebih tampak.
*   Pijat atau tekan pelan-pelan daerah disekitar kedua puting dan perhatikan apakah keluar cairan yang tidak normal.
*   Berbaringlah dengan tangan kanan dibawah kepala. Letakkan bantal kecil dibawah punggung kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan menggunakan tangan kiri dengan gerakan memutar dan perhatikan jika ada benjolan yang mencurigakan. Cara meraba adalah dengan tiga ujung jari tengah tangan kiri yang dirapatakan. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap, dimulai dari pinggir dengan mengikuti arah jarum jam.
*   Lakukan hal yang sama seperti point e, tetapi dengan tangan kiri dibawah kepala, sedangkan tangan kanan meraba payudara kiri.
*   Beri perhatian khusus pada bagian-bagian samping putting susu bagian atas, karena dibagian itulah sering ditemukan tumor payudara.

D.SADARI harus dilakukan yaitu:
*   Pada wanita produktif, SADARI harus dilakukan sebulan sekali, 4-5 hari setelah haid berakhir. Jangan melakukan pada waktu sebelumnya, karena pada masa pertengahan siklus haid sampai menjelang haid, payudara biasanya membengkak akibat pengaruh kelenjar susu oleh hormon estrogen dan  progesteron, sehingga pemeriksaan akan lebih sulit dilakukan secara akurat. Saat haid dan sesudahnya, payudara akan lebih lemas karena kedua hormon kadarnya menurun. Saat inilah SADARI bisa dilakukan.
*   Bagi perempuan yang telah mengalami menopouse, SADARI dapat dilakukan kapanpun setiap bulan. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih tanggal lahir agar selalu ingat untuk melakukan SADARI secara rutin setiap bulan.

Posting Komentar

0 Komentar