Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

SENAM NIFAS



A.         Pengertian
Senam Nifas adalah suatu gerakan untuk mengendurkan otot-otot perut dan pinggul setelah melahirkan

B.         Tujuan senam nifas
1.   Mengembalikan kekencangan otot dinding perut
2.   Mengendorkan otot-otot setelah persalinan
3.   Mengembalikan kesegaran tubuh setelah persalinan
C.         Gerakan Senam Nifas
1.   Berbaring dengan lutut ditekuk. Tempatkan tangan diatas perut dibawah area iga-iga. Nafas dalam dan lambat melalui hidung dan kemudian keluarkan melalui mulut, kencangkan dinding abdomen untuk membantu mengosongkan paru-paru.
2.   Berbaring terlentang, lengan diataskan di atas kepala, telapak terbuka ke atas. Kendurkan lengan kiri sedikit dan regangkan lengan kanan. Pada waktu yang bersamaan rilekskan kaki kiri dan regangkan kaki kanan sehingga ada regangan penuh pada seluruh bagian tubuh. Ulangi pada sisi yang lain.
3.   Kontraksi vagina. Berbaring terlentang. Kedua kaki sedikit diregangkan. Tarik dasar pinggul, tahan selama 3 detik dan kemudian rileks. Lanjutkan ini pada posisi berdiri dan duduk.
4.   Memiringkan pinggul. Berbaring, lutut ditekuk. Kontraksikan atau kencangkan otot-otot perut sampai tulang punggung mendatar dan kencangkan otot-otot bokong tahan 3 detik kemudian rileks.
5.   Berbaring terlentang lutut ditekuk, lengan dijulurkan kelutut. Angkat   kepala dan bahu kira-kira 45 derajat, tahan 3 detik dan rilekskan dengan perlahan.
6.   Posisi yang sama seperti diatas. Tempatkan lengan lurus dibagian luar lutut kiri. Ulangi pada lutut kanan.

Posting Komentar

0 Komentar