Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Tinggi Badan Saat Hamil



Tinggi badan merupakan parameter yang penting bagi keadaan yang telah lalu dan keadaan sekarang, jika umur tidak diketahui secara tepat. Disamping itu tinggi badan merupakan ukuran ke dua yang paling penting, karena dengan menghubungkan berat badan terhadap tinggi badan (quac stick), factor umur dapat dikesampingkan ( Supariasa, 2002 ).
Adapun menurut panic surfer 2010 mengatakan ada 4 faktor yang mempengaruhi tinggi badan, adalah sebagai berikut :
1.      Keturunan (genetic)
Factor ini cukup dominan dalam menentukan tinggi badan seseorang. Dapat diamati pada orang-orang Afrika, meskipun tidak mendapatkan asupan makanan yang baik namun memilki fostur tubuh yang tinggi. Hal itu terjadi lebih dikarenakan factor keturunan atau genetic.
2.      Asupan nutrisi
Gizi makanan sangat penting dalam membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Gizi makanan yang dikonsumsi orang Eropa sehari-hari jauh lebih baik daripada gizi makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang Asia. Susu adalah makanan yang memiliki gizi sempurna bagi pertumbuhan tulang (tubuh). Susu mengandung semua zat yang dibutuhkan tulang untuk bertambah panjang.
3.      Tidur Berkualitas
Hormon pertumbuhan bekerja penuh sewaktu tidur. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka hormon pertumbuhan semakin bekerja optimal. Tinggi badan bertambah sewaktu bangun tidur (biasanya 1-2 cm). Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Namun pertambahan ini bersifat sementara saja. Tidur yang sangat menunjang bagi pertumbuhan badan adalah tidur lelap (deep sleep) selama kurang lebih 7-8 jam tanpa terputus-putus, tanpa perasaan gelisah dan tanpa mimpi.
4.      Olahraga teratur
Olahraga teratur dapat memacu produksi hormon pertumbuhan oleh tubuh sehingga dapat menambah tinggi badan secara signifikan. Gerakan-gerakan dalam renang dan basket juga secara langsung merangsang tulang kaki dan punggung untuk bertambah panjang dan panjang.

Posting Komentar

0 Komentar