Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Kedai Foto Rencana Bisnis

Kedai Foto Rencana Bisnis 



RINGKASAN

Usaha Jasa foto pantai adalah sebuah industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan Fotografi. Target industri ini adalah memberikan pelayanan jasa fotografi bagi para pengunjung ditempat hiburan seperti pantai yang ada di Propinsi Lampung. Gagasan untuk mendirikan industri jasa ini, didasarkan atas Kenyataan para pengunjung pantai yang ingin di abadikan setiap momen mereka.
Usaha  foto pantai yang memiliki desain terbaru yaitu foto outdoor dengan balutan cahaya bantuan seperti pengunaan ligting tambahaan. Namun dalam foto pantai kita lebih menonjolkan Konsep terbaru.  Yakni  konsep outdoor penuh lighting seperti foto dalam sebuah studio. Pasar yang foto pantai lirik untuk konsep outdor penuh lighting adalah foto remaja. Karna sampai saat ini belum ada sebuah usaha foto outdoor dengan lighting  yang memberikan perhatian pada gadis- gadis modis. Setelah kami menganalisa secara pasar dan financial, dapat disimpulkan bahwa Jasa Foto foto pantai ini sangat prospektif.  Untuk penjelasan lebih detail dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini.

1.     ANALISA EKONOMI

1.1.  Idea Jasa dan Lokasi

Usaha Jasa Foto foto pantai adalah sebuah jenis usaha yang bergerak dibidang jasa Fotografi. Target usaha ini adalah para peminat fotografi  dari masyarakat di Propinsi Lampung pada umumnya dan Kota Bandar Lampung pada khususnya. Gagasan untuk mendirikan usaha jasa ini didasarkan  permintaan jasa foto kian meningkat untuk berdagai kepentinga. Sepereti foto dokumentasi berbagai kegiatan, Praweding, Pas foto, foto couple, foto Indoor, outdoor, Wisuda dan foto balita.
Usaha Jasa Foto foto pantai yang memiliki desain terbaru dalam konsep foto outdoor penuh lighting, Dimana disini Kita memiliki konsep outdoor lighting .Dalam konsep ini bedisini kita menseting tempat berupa taman mini yang terdapat berbagai bunga dan kolam kecil dengan beralaskan rumput. Di konsep outdoor studio ini kita melirik pasaran anak-anak yang belum di garap secara khusus di pasaran lampung. Anak-anak bisa bermain leluasa di dalam studio taman sehingga mendapatkan gambar yang lebih menarik.

1.2.  Analisa Permintaan

Berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan permintaan akan jasa foto di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya yang cukup signifikan, maka kami sangat optimis bahwa  Kedai foto akan mendapatkan banyak konsumen. Karna di sini kita memberikan konsep terbaru yang belum pernah ada yaitu outdoor studio yang dimana disini kita memberikan fokus lebih pada poto anak-anak yang saat ini belum digarap secara maksimal. Kuhusnya bandar lampung tidak ada studio foto yang memberikan konsep outdoor studio khusus anak-anak.

1.3.  Analisa Penawaran

Penawaran Jasa foto Kedai foto pada tahun-tahun mendatang akan semakin besar. Hal ini dapat dilihat pada table dibawah ini:
Tabel 1.1. Analisa Penawaran
Jasa Lokal
Import
Penawaran akan Datang
Tahun 1
5166
0
5166
Tahun 2
6552
0
6552
Tahun 3
8176
0
8176
Tahun 4
9923
0
9923
Tahun 5
12927
0
12927

1.4.  Analisa Gap Pasar

Gap antara permintaan dan penawaran sampai lima tahun mendatang masih besar. Hal ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.2. Analisa GAP Pasar
Tahun
Permintaan
Penawaran
Gap Permintaan dan Penawaran
Tahun 1
32.400
5.166
27.234
Tahun 2
33.100
6.552
26.548
Tahun 3
34.240
8.176
26.064
Tahun 4
34.599
9.923
24.676
Tahun 5
35.340
12.927
22413

1.5.  Ramalan Penjualan

Dari tahun ke tahun bisnis ini sangat menjanjikan, ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.3.  Ramalan Jasa Weding 5 Tahun Penjualan
Tahun
Ramalan Penjualan/thn
Ramalan Penjualan/bln
Tahun 1
5
0,46
Tahun 2
9
0,75
Tahun 3
12
1
Tahun 4
16
1,33
Tahun 5
18
1,5

Tabel 1.3.  Ramalan Jasa Buku Tahunan 5 Tahun Penjualan
Tahun
Ramalan Penjualan/thn
Tahun 1
1
Tahun 2
3
Tahun 3
4
Tahun 4
7
Tahun 5
9
Tabel 1.3.  Ramalan Jasa Pas Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
Ramalan Penjualan/thn
Ramalan Penjualan/bln
Ramalan Penjualan/hari
Tahun 1
1800
150
5
Tahun 2
2520
210
7
Tahun 3
3240
270
9
Tahun 4
4320
360
12
Tahun 5
5400
450
15
Tabel 1.3.  Ramalan Jasa Wisuda dan Frame Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
Ramalan Penjualan/thn
Ramalan Penjualan/bln
Tahun 1
1200
100
Tahun 2
1500
125
Tahun 3
1680
140
Tahun 4
1980
165
Tahun 5
2100
175
Tabel 1.3.  Ramalan Jasa outdoor Anak dan Indoor
 5 Tahun Penjualan
Tahun
Ramalan Penjualan/thn
Ramalan Penjualan/bln
Ramalan Penjualan/hari
Tahun 1
2160
180
6
Tahun 2
2520
210
7
Tahun 3
3240
270
9
Tahun 4
3600
300
10
Tahun 5
5400
450
15

2.  RENCANA PASAR

2.1.  Strategi Jasa

Pemasaran bagi usaha Jasa foto tidak hanya sekedar kegiatan penjualan, juga bukan kegiatan khusus [specialized activity]. Pemasaran merupakan seluruh kegiatan organisasi dilihat dari sudut pandang pelanggannya. Pelanggan merupakan fondasi bagi organisasi untuk mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya dan sudah selayaknya jika organisasi bisnis menetapkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Drucker, 1954]. Pemasaran merupakan cara menjalankan organisasi dengan meletakkan kepetingan dan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Levitt, 1960].
Dengan adanya pesaing lain, maka strategi jasa foto akan melakukan Manajemen Hubungan Pelanggan [Costumer Relation Manajemen / CRM] diantaranya dengan memprioritaskan pelayanan prima dan kepuasaan pelanggan dalam mewujudkan loyalitas pelanggan.

2.2.  Strategi Saluran Distribusi

Karena kita bergerak didalam pelayanan jasa jadi tidak ada jalur distribusi.

2.3.  Strategi Promosi dan Iklan

Untuk mempromosikan dan publikasi usaha  Jasa foto, menggunakan diantaranya media cetak, yaitu dengan memuat iklan di surat kabar harian , liflet, pamlet. Selain itu juga kita mengait mitra ke event organizer (IO), kesekolah sekolah, taman kanak kanak, dan wisuda, event dan pelatihan-pelatihan edukatif secara terjadwal.

2.4.  Strategi  Harga

Dalam membuat strategi harga, Industri Jasa foto menetapkan strategi harga dengan model Captive Product Pricing yaitu harga ditetapkan berdasar produk lain yang harus digunakan bersamaan dengan produk utama. Harga produk utama biasanya dipasang rendah dan mark up yang tinggi dari produk kaitannya.
Setiap jasa dikenakan biaya yang berbeda sesuai permintaan pelanggan, untuk lebih jelas dapat dilihat pada table sebagai berikut:
Tabel 2.1  Produk Yang Ditawarkan
Produk Yang Ditawarkan
Harga
Paket gold wedding
Rp.    1.000.000,-
Paket silver wedding
Rp.      500.000,-
Buku Tahunan
Rp.      100.000,-
Paket Pas Poto
Rp.        10.000,-
Paket Frame
Rp.        15.000,-
Paket studio Outdoor Anak
Rp.        30.000,-
Paket Indoor
Rp.        50.000,-
Paket Wisuda
Rp.        35.000,-

2.5.  Kesimpulan dan Justifikasi

Rencana pemasaran  Jasa foto untuk awal adalah sebagai berikut:
Rencana Untuk Menarik Minat Lebih Banyak Pelanggan
Perkiraan Biaya
Memasang banner vinyl berukuran sedang pada beberapa sudut sekitar lokasi usaha kami.
Rp  200.000,-
Menyebarkan pamflet promosi diperumahan, kampus, sekolahan, dan berberapa tempat keramaian di Bandar Lampung.
Rp   50.000,-
Memasang iklan baris di salah satu media cetak di Bandar Lampung.
Rp 150.000,-
Menggunakan sistem pemasaran dari mulut ke mulut (mouth to mouth) di lingkungan kampus.
Rp 0,-
Total
Rp 400.000,-
Jumlah ini didapatkan setelah melewati proses justifikasi penjualan. Maka dari itu, pendapatan per bulan dinilai cukup memuaskan untuk tahun pertama. Karena itu Industri Jasa foto  layak untuk melakukan kegiatan operasionalnya.

3.  RENCANA OPERASIONAL, PRODUKSI DAN TEKNOLOGI

3.1.  Uraian Jasa

Target konsumen adalah kalangan anak-anak (balita), mahasiswa, pelajar, weding, dan umumnya masyarakat yang tinggal di Kota Bandar Lampung dan khususnya di sekitar lokasi usaha kami. Kualitas hasil foto dan pelayanan adalah faktor utama kami, karena apabila kurang memuaskan maka dinilai kurang memuaskan dan mereka para pelanggan akan mencari tempat lain, namun apabila para pelanggan puas maka mereka akan berlangganan dan menyampaikan kepada teman-temannya. [marketer independent]

3.2  Lokasi Pasar Sasaran, Pesaing & Pusat Layanan

Usaha Jasa foto terletak di Jl. Ki Maja, Way Halim Bandar Lampung lokasi ini dipilih karena sangat strategis, selain letaknya di pinggir jalan yang memudahkan transportasi, juga disekitar lokasi terdapat beberapa kompleks perumahan, sekolah mulai dari taman kanak kanak sampai SMA, tempat Nongkrong anak-anak muda dan pusat kegiatan ekonomi. Lahan yang tersedia adalah 200m2
Rounded Rectangle: Lokasi
Kedai Foto
Keterangan:
-      Lokasi Usaha/Pusat           ____
-      Pasar Sasaran                    ____
-      Pesaing                              ____

3.3.  Gedung, Gudang  dan Infrastruktur

Untuk bangunan, kami membuat sebuah rumah yang memiliki halaman depan yang cukup luas sebagai tempat operasional.
Gambar 3.2. Gedung, Gudang & Infrastruktur

IN - Out

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.4.  Proses Operasional

Untuk memulai proses, kami melakukan beberapa tahapan proses antara lain:
·  Proses pertama dimulai dengan mengadakan promosi baik melalui media cetak maupun menyebarkan brosur-brosur ke setiap kantor pemerintahan, swasta, club-club dan juga masyarakat.
·  Proses kedua adalah melakukan layanan kepada konsumen.
·  Proses Terakhir adalah melakukan evaluasi sebagai upaya perbaikan pada masa mendatan

3.5.  Peralatan Studio

Adapun peralatan yang kami butuhkan antara lain:
Tabel 3.5 Peralatan dan Peralatan Kantor
KETERANGAN
BIAYA
SUMBER DANA
Equitas
Pinjaman
Peralatan Studio



* foto Indoor



- Kamera canon EOS 500D + 18 55 mm IS
7.600.000
-
7.600.000
-Softbox Jimbei 1 set
5.000.000
-
5.000.000
- Layar 3 x 4 m @ 3
450.000
-
450.000
-Flase Suqunix
750.000
-
     750.000
-Tripot
300.000
300.000
-
TOTAL Peralatn Studio Indoor
14.100.000
300.000
13.800.000




 * Foto Outdoor



- Tenda stan foto wisuda
800.000

800.000
-Backgrown
1000.000

1000.000
TOTALPralatan  Outdoor
1.800.000

1.800.000




TOTAL
15.900.000
300.000
15.600.00




Alat pendukung



Komputer  Coor 2 Dou + SAMSUM LCD MONITOR 15,6” Widi TFT
4.000.000
4.000.000

-Karpet
150.000
150.000

-Stabilizer toyosaki model AR -1000
250.000
250.000

-Printer canon ip
1.200.000
1.200.000

- Kursi plastik 5  buah
250.000

250.000
-Payung Anak anak: 2 unit
40.000

40.000
-Pompa air SANYO
100.000
100.000

-Rumput
100.000
100.000

-Bunga taman
300.000
300.000

-Serperangkat permainan asesoris
430.000

430.000
-Frame 6 BUAH
180.000

180.000
TOTAL  ALAT PENDUKUNG
7.000.000
6.100.000
900.000
TOTAL
22.900.000
6.400.000
16.500.000

3.6.      Kegunaan Listrik Dan Perhitungan Biaya Kegunaan

Untuk menunjang aktivitas operasional, diperlukan listrik.  Biaya yang harus dikeluarkan adalah Total biaya per bulan  Rp. 150.000,-

3.7.      Bahan Baku

Bahan Baku Habis Pakai/bulan
Unit
Harga
Total Harga
Kertas Foto
20 pcs
Rp 50.000,-
Rp 1.000.000,-
Tinta Warna
2 pcs
Rp 100.000,-
Rp 200.000,-
Batrai
12 pcs
Rp 10.000,-
Rp 120.000,-
Total


Rp 1.320.000,-

3.8.      Tenaga Kerja

Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan 3 orang dengan posisi sebagai berikut :

1.  Ketua Tim                                         : 1 [satu] orang
2.  Divisi Financial                                 : 1 [satu] orang
3.  Divisi Sarana & Prasarana                 : 1 [satu] orang

Posting Komentar

0 Komentar