Kedai Foto Rencana Bisnis
RINGKASAN
Usaha Jasa foto pantai adalah
sebuah industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan Fotografi. Target industri ini adalah memberikan
pelayanan jasa fotografi bagi para pengunjung ditempat hiburan seperti pantai yang ada di Propinsi Lampung. Gagasan untuk mendirikan industri jasa
ini, didasarkan atas Kenyataan
para pengunjung pantai yang ingin di abadikan setiap momen mereka.
Usaha foto pantai yang memiliki desain terbaru yaitu foto outdoor dengan balutan cahaya
bantuan seperti pengunaan ligting tambahaan. Namun dalam foto pantai kita lebih menonjolkan Konsep
terbaru. Yakni konsep outdoor penuh lighting seperti foto
dalam sebuah studio. Pasar yang foto pantai lirik untuk konsep outdor penuh lighting adalah foto remaja. Karna sampai
saat ini belum ada sebuah usaha foto outdoor dengan lighting yang memberikan perhatian pada gadis- gadis
modis. Setelah kami
menganalisa secara pasar dan financial, dapat disimpulkan bahwa Jasa Foto foto pantai ini sangat prospektif. Untuk penjelasan lebih detail dapat dilihat
dari penjelasan dibawah ini.
1. ANALISA EKONOMI
1.1. Idea Jasa dan Lokasi
Usaha Jasa Foto foto pantai adalah sebuah jenis usaha yang bergerak dibidang jasa Fotografi. Target usaha ini adalah para peminat
fotografi dari masyarakat di Propinsi Lampung pada umumnya dan Kota Bandar Lampung pada khususnya. Gagasan untuk mendirikan usaha jasa
ini didasarkan permintaan jasa foto kian meningkat
untuk berdagai kepentinga. Sepereti foto dokumentasi berbagai kegiatan,
Praweding, Pas foto, foto couple, foto Indoor, outdoor, Wisuda dan foto balita.
Usaha Jasa Foto foto pantai yang memiliki desain terbaru dalam konsep
foto outdoor penuh lighting, Dimana disini Kita memiliki konsep outdoor
lighting .Dalam konsep ini bedisini kita menseting tempat berupa taman mini
yang terdapat berbagai bunga dan kolam kecil dengan beralaskan rumput. Di
konsep outdoor studio ini kita melirik pasaran anak-anak yang belum di garap
secara khusus di pasaran lampung. Anak-anak bisa bermain leluasa di dalam studio
taman sehingga mendapatkan gambar yang lebih menarik.
1.2. Analisa Permintaan
Berdasarkan
tingkat pertumbuhan ekonomi dan permintaan akan jasa foto di Kota Bandar
Lampung dan sekitarnya yang cukup signifikan, maka kami sangat optimis bahwa Kedai foto akan mendapatkan banyak konsumen. Karna di sini kita memberikan konsep
terbaru yang belum pernah ada yaitu outdoor studio yang dimana disini kita
memberikan fokus lebih pada poto anak-anak yang saat ini belum digarap secara
maksimal. Kuhusnya bandar lampung tidak ada studio foto yang memberikan konsep
outdoor studio khusus anak-anak.
1.3. Analisa Penawaran
Penawaran Jasa foto Kedai foto pada
tahun-tahun mendatang akan semakin besar. Hal ini dapat dilihat pada table
dibawah ini:
Tabel 1.1. Analisa Penawaran
Jasa Lokal
|
Import
|
Penawaran akan Datang
|
|
Tahun 1
|
5166
|
0
|
5166
|
Tahun 2
|
6552
|
0
|
6552
|
Tahun 3
|
8176
|
0
|
8176
|
Tahun 4
|
9923
|
0
|
9923
|
Tahun 5
|
12927
|
0
|
12927
|
1.4. Analisa Gap Pasar
Gap antara permintaan dan penawaran sampai lima tahun mendatang masih besar.
Hal ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.2. Analisa GAP Pasar
Tahun
|
Permintaan
|
Penawaran
|
Gap Permintaan dan Penawaran
|
Tahun 1
|
32.400
|
5.166
|
27.234
|
Tahun 2
|
33.100
|
6.552
|
26.548
|
Tahun 3
|
34.240
|
8.176
|
26.064
|
Tahun 4
|
34.599
|
9.923
|
24.676
|
Tahun 5
|
35.340
|
12.927
|
22413
|
1.5. Ramalan Penjualan
Dari tahun ke
tahun bisnis ini sangat menjanjikan, ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.3. Ramalan
Jasa Weding 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Tahun 1
|
5
|
0,46
|
Tahun 2
|
9
|
0,75
|
Tahun 3
|
12
|
1
|
Tahun 4
|
16
|
1,33
|
Tahun 5
|
18
|
1,5
|
Tabel 1.3. Ramalan
Jasa Buku Tahunan 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Tahun 1
|
1
|
Tahun 2
|
3
|
Tahun 3
|
4
|
Tahun 4
|
7
|
Tahun 5
|
9
|
Tabel 1.3. Ramalan
Jasa Pas Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Ramalan Penjualan/hari
|
Tahun 1
|
1800
|
150
|
5
|
Tahun 2
|
2520
|
210
|
7
|
Tahun 3
|
3240
|
270
|
9
|
Tahun 4
|
4320
|
360
|
12
|
Tahun 5
|
5400
|
450
|
15
|
Tabel 1.3. Ramalan
Jasa Wisuda dan
Frame Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Tahun 1
|
1200
|
100
|
Tahun 2
|
1500
|
125
|
Tahun 3
|
1680
|
140
|
Tahun 4
|
1980
|
165
|
Tahun 5
|
2100
|
175
|
Tabel 1.3. Ramalan Jasa outdoor Anak dan Indoor
5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Ramalan Penjualan/hari
|
Tahun 1
|
2160
|
180
|
6
|
Tahun 2
|
2520
|
210
|
7
|
Tahun 3
|
3240
|
270
|
9
|
Tahun 4
|
3600
|
300
|
10
|
Tahun 5
|
5400
|
450
|
15
|
2. RENCANA PASAR
2.1. Strategi Jasa
Pemasaran bagi usaha
Jasa foto tidak hanya sekedar kegiatan
penjualan, juga bukan kegiatan khusus [specialized activity]. Pemasaran
merupakan seluruh kegiatan organisasi dilihat dari sudut pandang pelanggannya.
Pelanggan merupakan fondasi bagi organisasi untuk mempertahankan dan
mengembangkan eksistensinya dan sudah selayaknya jika organisasi bisnis
menetapkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Drucker, 1954].
Pemasaran merupakan cara menjalankan organisasi dengan meletakkan kepetingan
dan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Levitt, 1960].
Dengan adanya
pesaing lain, maka strategi jasa foto akan
melakukan Manajemen Hubungan Pelanggan [Costumer Relation Manajemen / CRM]
diantaranya dengan memprioritaskan pelayanan prima dan kepuasaan pelanggan
dalam mewujudkan loyalitas pelanggan.
2.2. Strategi Saluran Distribusi
Karena kita bergerak didalam pelayanan jasa jadi tidak ada jalur
distribusi.
2.3. Strategi Promosi dan Iklan
Untuk mempromosikan
dan publikasi usaha Jasa foto, menggunakan diantaranya media cetak,
yaitu dengan memuat iklan di surat kabar harian , liflet, pamlet. Selain itu juga kita
mengait mitra ke event organizer (IO), kesekolah sekolah, taman kanak kanak,
dan wisuda, event
dan pelatihan-pelatihan edukatif secara terjadwal.
2.4. Strategi Harga
Dalam membuat strategi harga, Industri Jasa foto menetapkan strategi harga dengan model Captive Product Pricing
yaitu harga ditetapkan berdasar produk lain yang harus digunakan bersamaan
dengan produk utama. Harga produk utama biasanya dipasang rendah dan mark up
yang tinggi dari produk kaitannya.
Setiap jasa dikenakan
biaya yang berbeda sesuai permintaan pelanggan, untuk lebih jelas dapat dilihat
pada table sebagai berikut:
Tabel 2.1 Produk
Yang Ditawarkan
Produk Yang Ditawarkan
|
Harga
|
Paket gold wedding
|
Rp. 1.000.000,-
|
Paket silver wedding
|
Rp. 500.000,-
|
Buku Tahunan
|
Rp. 100.000,-
|
Paket Pas Poto
|
Rp. 10.000,-
|
Paket Frame
|
Rp. 15.000,-
|
Paket studio Outdoor Anak
|
Rp. 30.000,-
|
Paket Indoor
|
Rp. 50.000,-
|
Paket Wisuda
|
Rp. 35.000,-
|
2.5. Kesimpulan dan Justifikasi
Rencana pemasaran Jasa foto untuk
awal adalah sebagai berikut:
Rencana Untuk Menarik Minat Lebih Banyak Pelanggan
|
Perkiraan
Biaya
|
Memasang banner
vinyl berukuran sedang pada beberapa sudut sekitar lokasi usaha kami.
|
Rp 200.000,-
|
Menyebarkan pamflet promosi
diperumahan, kampus,
sekolahan, dan berberapa tempat keramaian di Bandar Lampung.
|
Rp 50.000,-
|
Memasang iklan baris di salah satu
media cetak di Bandar Lampung.
|
Rp 150.000,-
|
Menggunakan sistem pemasaran dari
mulut ke mulut (mouth to mouth) di lingkungan
kampus.
|
Rp 0,-
|
Total
|
Rp 400.000,-
|
Jumlah ini
didapatkan setelah melewati proses justifikasi penjualan. Maka dari itu,
pendapatan per bulan dinilai cukup memuaskan untuk tahun pertama. Karena itu
Industri Jasa foto layak untuk melakukan kegiatan
operasionalnya.
3. RENCANA OPERASIONAL, PRODUKSI DAN TEKNOLOGI
3.1. Uraian Jasa
Target konsumen
adalah kalangan anak-anak (balita), mahasiswa, pelajar, weding, dan umumnya masyarakat yang tinggal di Kota Bandar Lampung
dan khususnya di sekitar lokasi usaha kami. Kualitas hasil foto dan pelayanan adalah faktor utama kami,
karena apabila kurang memuaskan maka dinilai kurang memuaskan dan mereka para
pelanggan akan mencari tempat lain, namun apabila para pelanggan puas maka
mereka akan berlangganan dan menyampaikan kepada teman-temannya. [marketer
independent]
3.2 Lokasi Pasar Sasaran, Pesaing & Pusat Layanan
Usaha Jasa foto
terletak di Jl. Ki Maja, Way Halim Bandar Lampung lokasi ini dipilih karena
sangat strategis, selain letaknya di pinggir jalan yang memudahkan
transportasi, juga disekitar lokasi terdapat beberapa kompleks perumahan,
sekolah mulai dari taman kanak kanak sampai SMA, tempat Nongkrong anak-anak muda dan pusat kegiatan ekonomi. Lahan yang
tersedia adalah 200m2
Keterangan:
-
Lokasi Usaha/Pusat ____
-
Pasar Sasaran ____
-
Pesaing ____
3.3. Gedung, Gudang dan Infrastruktur
Untuk bangunan,
kami membuat sebuah rumah yang memiliki halaman depan yang cukup luas sebagai
tempat operasional.
Gambar 3.2.
Gedung, Gudang & Infrastruktur
IN - Out
3.4. Proses Operasional
Untuk memulai proses, kami melakukan
beberapa tahapan proses antara lain:
· Proses pertama dimulai dengan
mengadakan promosi baik melalui media cetak maupun menyebarkan brosur-brosur ke
setiap kantor pemerintahan, swasta, club-club dan juga masyarakat.
· Proses kedua adalah melakukan
layanan kepada konsumen.
3.5. Peralatan Studio
Adapun peralatan yang kami butuhkan
antara lain:
Tabel
3.5 Peralatan dan Peralatan Kantor
KETERANGAN
|
BIAYA
|
SUMBER DANA
|
|
Equitas
|
Pinjaman
|
||
Peralatan Studio
|
|
|
|
* foto Indoor
|
|
|
|
- Kamera canon EOS 500D + 18 55 mm IS
|
7.600.000
|
-
|
7.600.000
|
-Softbox Jimbei 1 set
|
5.000.000
|
-
|
5.000.000
|
- Layar 3 x 4 m @ 3
|
450.000
|
-
|
450.000
|
-Flase Suqunix
|
750.000
|
-
|
750.000
|
-Tripot
|
300.000
|
300.000
|
-
|
TOTAL Peralatn Studio Indoor
|
14.100.000
|
300.000
|
13.800.000
|
|
|
|
|
* Foto Outdoor
|
|
|
|
- Tenda stan foto wisuda
|
800.000
|
|
800.000
|
-Backgrown
|
1000.000
|
|
1000.000
|
TOTALPralatan
Outdoor
|
1.800.000
|
|
1.800.000
|
|
|
|
|
TOTAL
|
15.900.000
|
300.000
|
15.600.00
|
|
|
|
|
Alat pendukung
|
|
|
|
Komputer Coor 2
Dou + SAMSUM LCD MONITOR 15,6” Widi TFT
|
4.000.000
|
4.000.000
|
|
-Karpet
|
150.000
|
150.000
|
|
-Stabilizer
toyosaki model AR -1000
|
250.000
|
250.000
|
|
-Printer canon ip
|
1.200.000
|
1.200.000
|
|
- Kursi plastik 5 buah
|
250.000
|
|
250.000
|
-Payung Anak anak: 2 unit
|
40.000
|
|
40.000
|
-Pompa air
SANYO
|
100.000
|
100.000
|
|
-Rumput
|
100.000
|
100.000
|
|
-Bunga
taman
|
300.000
|
300.000
|
|
-Serperangkat
permainan asesoris
|
430.000
|
|
430.000
|
-Frame 6
BUAH
|
180.000
|
|
180.000
|
TOTAL ALAT PENDUKUNG
|
7.000.000
|
6.100.000
|
900.000
|
TOTAL
|
22.900.000
|
6.400.000
|
16.500.000
|
3.6. Kegunaan Listrik Dan Perhitungan Biaya Kegunaan
Untuk menunjang aktivitas operasional,
diperlukan listrik. Biaya yang harus dikeluarkan
adalah Total biaya per bulan Rp.
150.000,-
3.7. Bahan Baku
Bahan Baku Habis Pakai/bulan
|
Unit
|
Harga
|
Total Harga
|
Kertas Foto
|
20 pcs
|
Rp 50.000,-
|
Rp 1.000.000,-
|
Tinta Warna
|
2 pcs
|
Rp 100.000,-
|
Rp 200.000,-
|
Batrai
|
12 pcs
|
Rp 10.000,-
|
Rp 120.000,-
|
Total
|
|
|
Rp 1.320.000,-
|
3.8. Tenaga Kerja
Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan 3 orang dengan posisi sebagai berikut :
1. Ketua Tim : 1 [satu] orang
2. Divisi Financial : 1 [satu] orang
3. Divisi Sarana & Prasarana : 1 [satu] orang
0 Komentar