I.
PENDAHULUAN
I.1.
LATAR BELAKANG
Koperasi
Mahasiswa Universitas Lampung (Kopma Unila) yang notabene adalah lembaga
care business dan laboratorium entrepreunership, maka dituntut
adanya skill managemen sumber daya manusia (SDM) profesional, serta
berani menghadapi tantangan dan persaingan global yang semakin ketat. Seiring
dengan laju perkembangan teknologi yang semakin pesat, jika tidak diimbangi
dengan kualitas SDM, maka kenyataan yang akan dihadapi oleh setiap institusi semakin
menyulitkan posisi mereka. Melalui
prinsip manajemennya, bahwa SDM adalah aset yang tidak ternilai harganya.
Membentuk SDM yang berkualitas ini memerlukan proses yang berkesinambungan dan
bukanlah suatu hal yang dapat ditawar lagi. Perkembangan SDM pada sebuah
intitusi baik formal maupun informal merupakan suatu yang urgen dalam
penetuan maju-mundurnya intitusi. Dalam dunia ekonomi dan bisnis, manusia
adalah faktor produksi yang menjadi modal utama dan terpenting. SDM rapuh,
organisasi lumpuh.
Peningkatan
SDM koperasi harus berorientasi kepada penciptaan kader yang tangguh bagi
koperasinya. Program pembinaan dan pemberdayaan senantiasa dilakukan secara
kontinyu untuk mempersiapkan kader-kader potrensial, yang diharapkan memiliki
entrepreunership dan leadership yang peka terhadap perkembangan jaman. “Setiap
generasi akan berbeda dengan generasi sebelumnya yang membawa budaya dan
melahirkan karya yang beranekaragam. Seburuk-buruknya organisasi adalah
generasi yang tidak mampu melahirkan kader yang lebih baik guna regenerasi
organisasi”.
Organisasi
yang berhasil adalah yang secara efektif dan efisien mengombinasikan
sumber-sumber dayanya guna menerapkan strategi-strateginya. Sungguhpun begitu,
yang menjadi pusat bagi setiap strategi, untuk setiap penggunaan sumber daya,
adalah kader-kader yang merencanakan dan melaksanakan strategi-strategi sebuah
organisasi. Seberapa baik organisasi memperoleh, memelihara, dan mempertahankan
sumber daya manusianya (SDM), merupakan determinan utama dari keberhasilan dan
kegagalan. Para kader, SDM dari sebuah organisasi, adalah vital bagi setiap
keberlangsungan organisasi.
Dalam
konstalasi sebuah organisasi, pengkaderan merupakan sesuatu hal yang sangat
fundamental untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan bermutu
tinggi. Kopma Unila sebagai lembaga usaha dan sekaligus lembaga pengkaderan
merupakan faktor penentu bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi. Selain itu
juga dipandang sebagai wadah yang strategis bagi gerakan koperasi untuk
menyiapkan kader-kader profesional dan handal yang dapat berperan sebagai agent
social of change. Sebuah kritik konstruktif, koperasi mahasiswa memiliki
misi untuk mengembalikan pengkaderan yang terarah dan terpola guna mencapai
tujuan yang dicita-citakan.
Untuk
itu, dari kesemuaan ini diperlukan sebuah pintu yang baik dan benar sebelum
memasuki arena. Proses open recruitment calon kader/anggota baru yang
strategis dan tepat pun telah dirancang dengan matang. Dengan teknis yang unik
ini diharapkan mampu menyerap benih-benih jiwa wirausaha di setiap calon
anggota Kopma Unila.
I.2.
LANDASAN
Ø Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
Ø SK Mendikbud RI No. 155/U/1998, tentang lembaga
kemahasiswaan
Ø Tri Dharma Perguruan Tinggi
Ø AD/ART Kopma Unila
Ø Program Kerja Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota
(PSDA) Kopma Unila 2008/2009
I.3.
TUJUAN
Ø Media
promosi usaha dan organisasi
Ø Menjalin
dan meningkatkan kerjasama Kopma Unila dengan para mitra atau rekanan
Ø Menambah
sumber daya anggota Kopma Unila
II.
BENTUK KERJASAMA
II.1.
Penyediaan Media Promosi
Kopma Unila merupakan suatu wadah organisasi di mana untuk
mencapai tujuannya tidak lepas dari campur tangan manusia dalam hal ini
diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia dalam
organisasi Kopma Unila salah satunya ialah adanya peran serta anggota. Salah
satu cara guna menarik sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal ini
anggota yakni melalui kegiatan Open Recruitmen yang dilakukan setiap
hari. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut Kopma Unila membutuhkan baliho,
pamphlet, leaflet, dan spanduk yang digunakan sebagai media promosi. Dengan
adanya media ini dapat mendukung terealisasinya kegiatan tersebut.
II.2. Aksi Propti
Berdasarkan kalender akademik tahun 2008/2009 semester ganjil,
di mana tanggal 28-31 Agustus 2008 diadakannya program orientasi (Propti)
mahasiswa baru tahun ajaran 2008/2009 yang dilaksanakan di gedung serba guna
(GSG) Unila, maka Kopma Unila bermaksud mengadakan Aksi Propti dengan
tujuan menarik atensi dari mahasiswa baru.
II.3. Kerjasama dengan Sponsor
Keuntungan yang akan didapatkan oleh sponsor sebagai
berikut :
1.
Perusahaan yang
menjadi sponsor akan ditempatkan sebagai satu-satunya background pada media
tersebut.
2.
Perusahaan sponsor
akan mendapat tempat/ lokasi guna mempromosikan atau memasarkan produknya di kegiatan
tersebut.
3.
Perusahaan sponsor
dapat memberikan masukan/ saran / ide tambahan yang bermanfaat bagi suksesnya
kerjasama.
4.
Nama dan logo
perusahaan akan dipromosikan pada seluruh kegiatan publikasi acara.
II.4 Pengajuan Kerjasama
Dengan ini Kopma Unila mengajukan
permohonan kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam rangka menjadi sponsor
dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dinilai sangat strategis dan berprospek cerah
dengan serta saling menguntungkan antara kedua belah pihak.
III. RINCIAN ANGGARAN
A.
Umum
Rental dan Print Out :
Rp 250.000,-
Surat menyurat : Rp 300.000,-
Pengadaan proposal :
Rp 300.000,-
Pembuatan stempel :
Rp
25.000,-
ATK :
Rp 200.000,-
Cover proposal 50 X @ Rp 2.500,- : Rp 125.000,-
Biaya komunikasi :
Rp 500.000,-
LPJ kegiatan : Rp 100.000,-
Total Pengeluaran
Umum :
Rp 1.800.000,-
B. Aksi
Propti
Baligho 4bh X @ Rp250.000,- : Rp 1.000.000,-
Pamphlet 2rim X @ Rp100.000,- : Rp 200.000,-
Leafleat 4rim X @ Rp50.000,- : Rp 200.000,-
Spanduk 4bh X @ Rp150.000,- : Rp 600.000,-
Kaos 40bh X @ Rp50.000,- : Rp 2.000.000,-
Total Pengeluaran
Aksi Propti
Rp 4.000.000,-
C. Rekapitulasi Anggaran
Umum Rp 1.800.000,-
Aksi
Propti Rp 4.000.000,-
TOTAL Rp 5.800.000,-
IV. PENUTUP
0 Komentar