Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

proposal kerjasama



I. PENDAHULUAN


I.1. LATAR BELAKANG

Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung (Kopma Unila) yang notabene adalah lembaga care business dan laboratorium entrepreunership, maka dituntut adanya skill managemen sumber daya manusia (SDM) profesional, serta berani menghadapi tantangan dan persaingan global yang semakin ketat. Seiring dengan laju perkembangan teknologi yang semakin pesat, jika tidak diimbangi dengan kualitas SDM, maka kenyataan yang akan dihadapi oleh setiap institusi semakin menyulitkan  posisi mereka. Melalui prinsip manajemennya, bahwa SDM adalah aset yang tidak ternilai harganya. Membentuk SDM yang berkualitas ini memerlukan proses yang berkesinambungan dan bukanlah suatu hal yang dapat ditawar lagi. Perkembangan SDM pada sebuah intitusi baik formal maupun informal merupakan suatu yang urgen dalam penetuan maju-mundurnya intitusi. Dalam dunia ekonomi dan bisnis, manusia adalah faktor produksi yang menjadi modal utama dan terpenting. SDM rapuh, organisasi lumpuh.

Peningkatan SDM koperasi harus berorientasi kepada penciptaan kader yang tangguh bagi koperasinya. Program pembinaan dan pemberdayaan senantiasa dilakukan secara kontinyu untuk mempersiapkan kader-kader potrensial, yang diharapkan memiliki entrepreunership dan leadership yang peka terhadap perkembangan jaman. “Setiap generasi akan berbeda dengan generasi sebelumnya yang membawa budaya dan melahirkan karya yang beranekaragam. Seburuk-buruknya organisasi adalah generasi yang tidak mampu melahirkan kader yang lebih baik guna regenerasi organisasi”.

Organisasi yang berhasil adalah yang secara efektif dan efisien mengombinasikan sumber-sumber dayanya guna menerapkan strategi-strateginya. Sungguhpun begitu, yang menjadi pusat bagi setiap strategi, untuk setiap penggunaan sumber daya, adalah kader-kader yang merencanakan dan melaksanakan strategi-strategi sebuah organisasi. Seberapa baik organisasi memperoleh, memelihara, dan mempertahankan sumber daya manusianya (SDM), merupakan determinan utama dari keberhasilan dan kegagalan. Para kader, SDM dari sebuah organisasi, adalah vital bagi setiap keberlangsungan organisasi.

Dalam konstalasi sebuah organisasi, pengkaderan merupakan sesuatu hal yang sangat fundamental untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan bermutu tinggi. Kopma Unila sebagai lembaga usaha dan sekaligus lembaga pengkaderan merupakan faktor penentu bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi. Selain itu juga dipandang sebagai wadah yang strategis bagi gerakan koperasi untuk menyiapkan kader-kader profesional dan handal yang dapat berperan sebagai agent social of change. Sebuah kritik konstruktif, koperasi mahasiswa memiliki misi untuk mengembalikan pengkaderan yang terarah dan terpola guna mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Untuk itu, dari kesemuaan ini diperlukan sebuah pintu yang baik dan benar sebelum memasuki arena. Proses open recruitment calon kader/anggota baru yang strategis dan tepat pun telah dirancang dengan matang. Dengan teknis yang unik ini diharapkan mampu menyerap benih-benih jiwa wirausaha di setiap calon anggota Kopma Unila.




I.2. LANDASAN

Ø  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
Ø  SK Mendikbud RI No. 155/U/1998, tentang lembaga kemahasiswaan
Ø  Tri Dharma Perguruan Tinggi
Ø  AD/ART Kopma Unila
Ø  Program Kerja Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) Kopma Unila 2008/2009

I.3. TUJUAN

Ø  Media promosi usaha dan organisasi
Ø  Menjalin dan meningkatkan kerjasama Kopma Unila dengan para mitra atau rekanan
Ø  Menambah sumber daya anggota Kopma Unila

II. BENTUK KERJASAMA
II.1.     Penyediaan Media Promosi

Kopma Unila merupakan suatu wadah organisasi di mana untuk mencapai tujuannya tidak lepas dari campur tangan manusia dalam hal ini diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia dalam organisasi Kopma Unila salah satunya ialah adanya peran serta anggota. Salah satu cara guna menarik sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal ini anggota yakni melalui kegiatan Open Recruitmen yang dilakukan setiap hari. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut Kopma Unila membutuhkan baliho, pamphlet, leaflet, dan spanduk yang digunakan sebagai media promosi. Dengan adanya media ini dapat mendukung terealisasinya kegiatan tersebut.
II.2.     Aksi Propti

Berdasarkan kalender akademik tahun 2008/2009 semester ganjil, di mana tanggal 28-31 Agustus 2008 diadakannya program orientasi (Propti) mahasiswa baru tahun ajaran 2008/2009 yang dilaksanakan di gedung serba guna (GSG) Unila, maka Kopma Unila bermaksud mengadakan Aksi Propti dengan tujuan menarik atensi dari mahasiswa baru. 
II.3.     Kerjasama dengan Sponsor
Keuntungan yang akan didapatkan oleh sponsor sebagai berikut :
1.      Perusahaan yang menjadi sponsor akan ditempatkan sebagai satu-satunya background pada media tersebut.
2.      Perusahaan sponsor akan mendapat tempat/ lokasi guna mempromosikan atau memasarkan produknya di kegiatan tersebut.
3.      Perusahaan sponsor dapat memberikan masukan/ saran / ide tambahan yang bermanfaat bagi suksesnya kerjasama.
4.      Nama dan logo perusahaan akan dipromosikan pada seluruh kegiatan publikasi acara.
II.4      Pengajuan Kerjasama
Dengan ini Kopma Unila mengajukan permohonan kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam rangka menjadi sponsor dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dinilai sangat strategis dan berprospek cerah dengan serta saling menguntungkan antara kedua belah pihak.
III. RINCIAN ANGGARAN
A.                Umum
Rental dan Print Out                                                 : Rp     250.000,-
            Surat menyurat                                                          : Rp     300.000,-
            Pengadaan proposal                                                  : Rp     300.000,-
            Pembuatan stempel                                                   : Rp       25.000,-
            ATK                                                                            : Rp     200.000,-
            Cover proposal 50 X @ Rp 2.500,-                            : Rp     125.000,-
            Biaya komunikasi                                                       : Rp     500.000,-



            LPJ kegiatan                                                               : Rp     100.000,-
Total Pengeluaran Umum                                         : Rp   1.800.000,-

B.         Aksi Propti
Baligho            4bh X @ Rp250.000,-                          : Rp   1.000.000,-
Pamphlet        2rim X @ Rp100.000,-                                    : Rp      200.000,-
Leafleat           4rim X @ Rp50.000,-                          : Rp      200.000,-
Spanduk         4bh X @ Rp150.000,-                          : Rp      600.000,-
Kaos                40bh X @ Rp50.000,-                          : Rp   2.000.000,-
Total Pengeluaran Aksi Propti                                    Rp   4.000.000,-

C.        Rekapitulasi Anggaran
            Umum                                                                                      Rp   1.800.000,-
            Aksi Propti                                                                   Rp   4.000.000,-
            TOTAL                                                                         Rp   5.800.000,-

IV. PENUTUP

Demikian proposal kerjasama ini kami buat sebagai bahan acuan dan pegangan dasar berbagai pihak yang berkepentingan Semoga pelaksanaan kerjasama ini bermanfaat dan mendapat ridho dari Allah SWT. Atas bantuan dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar