PENGERTIAN
TUMBUH KEMBANG
1. Pertumbuhan
berkaitan dengan masalah perubahn dalam besar, jumlah, ukuran atau
dimensi tingkat sel, organ, maupun individu, yang bisa dikur dengan ukuran
berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan
keseimbangan metabolik.
2.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang
lebih kompleks dalam pola yang teratur dana dapat diramalkan, sebagai hasil
dari proses pematangan.
Pertumbuhan mempunyai dampak
terhadap aspek fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi
organ / individu. Kedua proses ini berlangsung secara sinkron.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG
1. FAKTOR GENETIK/KETURUNAN
v Faktor Bawaan
baik yang normal ataupun yang abnormal.
v Jenis Kelalmin
v Suku Bangsa
v Bangsa
2. FAKTOR LINGKUNGAN
v Faktor lingkungan
yang mempengaruhi anak sebelum lahir
·
Gizi ibu pada waktu hamil
·
Mekanis
·
Toksin/zat kimia
·
Endokrin
·
Radiasi
·
Infeksi
·
Stress
v Faktor lingkungan
yang mempengaruhi anak sesudah lahir
· Lingkungan
Biologis
· Faktor Fisik
· Faktor
Psikososial
· Faktor Keluarga
dan adat istiadat
KEBUTUHAN DASAR ANAK
1. Kebutuhan
fisik (ASUH)
2. Kebutuhan
emosi/kasih sayang (ASIH)
3. Kebutuhan akan
stimulasi mental (ASAH)
CIRI-CIRI TUMBUH KEMBANG
1. Tumbuh kembang
adalah proses yang terus menerus.
2. Ada masa terjadi
percepatan atau perlambatan serta laju tumbuh kembang yang berlainan.
3. Pola perkembangan
anak sama pada semua anak tetapi
kecepatannya berbeda antara satu anak dengan anak yang lain.
4. Perkembangan berhubungan
dengan pematangan sistem syaraf.
5. Arah perkembangan
anak adalah dari kepala ke kaki.
Periode yang paling penting bagi tumbuh
kembang anak adalah masa Balita.
Sangat penting
sebagi dasar untuk perkembangan selanjutnya, yakni masa prasekolah, sekolah,
akil balik dan remaja.
Untuk itu
dibutuhkan :
1.
Kesehatan dan gizi yang baik yang didapatkan dari
masa kehamilan, bayi dan anak prasekolah.
2.
Stimulasi/rangsangan yang cukup dalam kualitas dan
kuatitas.
3.
Keluarga dan program KB mempunyai peran yang penting
dalam pembinaan fisik, mental sosial anak Balita.
PERKEMBANGAN MENTAL ANAK BALITA
Dari lahir sampai
3 bulan
·
Belajar mengangkat kepala
·
Melihat kemuka orang dengan tersenyum.
·
Bereaksi terhadap suara/bunyi.
·
Mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman,
pendengaran dan kontak.
·
Mengoceh.
Dari 3 bulan
sampai 6 bulan
·
Mengangkat kepala .
·
Mulai belajr meraih benda-benda yang ada
disekitarnya.
·
Menaruh benda-benda dimulutnya.
·
Tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak
bermain.
Dari 6 sampai 9
bulan
·
Dapat duduk tanpa dibantu.
·
Dapat tengkurep dan berbalik sendiri.
·
Dapat merangkak meraih benda atau mendekati orang.
·
Bergembira dengan melempar benda-benda,
·
Mengeluarkan suara yang tanpa arti.
·
Mengenal muka anggota keluarga dan takut dengan
orang asing.
Dari 9 sampai 12
bulan
·
Dapat berdiri sendiri tanpa dibantu.
·
Dapat berjalan dengan dituntun.
·
Menirukan
suara.
·
Mengulang bunyi yang didengarrnya.
·
Belajar satu atau dua kata.
·
Berpartisipasi dalam permainan.
Dari 12 sampai 18
bulan
·
Berjalan.
·
Menyusun 2 atau 3 kotak.
·
Dapat mengatakan 5 – 10 kata.
·
Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing.
Dari 18 sampai 24
bulan
·
Naik turun tanggga.
·
Menyusun 6 kotak.
·
Menunjuk mata dan hidungnya.
·
Meyusun dua kata.
·
Belajar makan sendiri.
·
Mengambar garis di kertas atau pasir.
Dari 2 sampai 3
tahun
·
Belajar meloncat, memanjat, melompat dengan satu
kaki.
·
Membuat jembatan dengan 6 kotak.
·
Mampu menyusun kalimat.
·
Mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti
kata-kata yang ditujukan kepadanya.
·
Menggambar lingkaran.
·
Bermain dengan anak lain dan menyadari adanya
lingkungan lain diluar keluargannya.
Dari 3 sampai 4
tahun
·
Berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga.
·
Berjalan pada jari kaki.
·
Belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri.
·
Mengambar garis silang.
·
Menggambar orang hanya kepala dan badan.
·
Mengenal 2 atau 3 warna.
·
Bicara dengan baik.
·
Menyebut nama, jenis kelamin dan umurnya.
·
Banyak bertanya.
·
Bermain dengan anak lain.
·
Mendengarkan cerita-cerita.
·
Menunjukkan kasih sayang dengan saudara-saudaranya.
·
Dapat melakukan tugas-tugas sederhana.
·
Mengenal sisi atas, sisi bawah, sisi belakang.
Dari 4 sampai 5
tahun
·
Melompat dan menari.
·
Menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan.
·
Menggambar segi tiga dan segi empat.
·
Pandai bicara.
·
Dapat menghitung jari-jarinya.
·
Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu.
·
Mendengar dan
mengulang hal-hal penting dan cerita.
·
Minat terhadap kata baru dan artinya.
·
Mengenal 4 warna.
·
Memperkirakan bentuk ddan besarnya benda, membedakan
besar dan kecil.
·
Menaruh minat terhadap aktivitas orang tua.
DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
BALITA
DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
BALITA
0 Komentar