Usaha Jasa foto pantai adalah sebuah industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan Fotografi. Target industri ini adalah memberikan pelayanan jasa fotografi bagi para pengunjung ditempat hiburan seperti pantai yang ada di Propinsi Lampung. Gagasan untuk mendirikan industri jasa ini, didasarkan atas Kenyataan para pengunjung pantai yang ingin di abadikan setiap momen mereka.
Usaha foto pantai yang memiliki desain terbaru yaitu foto outdoor dengan balutan cahaya bantuan seperti pengunaan ligting tambahaan. Namun dalam foto pantai kita lebih menonjolkan Konsep terbaru. Yakni konsep outdoor penuh lighting seperti foto dalam sebuah studio. Pasar yang foto pantai lirik untuk konsep outdor penuh lighting adalah foto remaja. Karna sampai saat ini belum ada sebuah usaha foto outdoor dengan lighting yang memberikan perhatian pada gadis- gadis modis. Setelah kami menganalisa secara pasar dan financial, dapat disimpulkan bahwa Jasa Foto foto pantai ini sangat prospektif. Untuk penjelasan lebih detail dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini.
1. ANALISA EKONOMI
1.1. Idea Jasa dan Lokasi
Usaha Jasa Foto foto pantai adalah sebuah jenis usaha yang bergerak dibidang jasa Fotografi. Target usaha ini adalah para peminat fotografi dari masyarakat di Propinsi Lampung pada umumnya dan Kota Bandar Lampung pada khususnya. Gagasan untuk mendirikan usaha jasa ini didasarkan permintaan jasa foto kian meningkat untuk berdagai kepentinga. Sepereti foto dokumentasi berbagai kegiatan, Praweding, Pas foto, foto couple, foto Indoor, outdoor, Wisuda dan foto balita.
Usaha Jasa Foto foto pantai yang memiliki desain terbaru dalam konsep foto outdoor penuh lighting, Dimana disini Kita memiliki konsep outdoor lighting .Dalam konsep ini bedisini kita menseting tempat berupa taman mini yang terdapat berbagai bunga dan kolam kecil dengan beralaskan rumput. Di konsep outdoor studio ini kita melirik pasaran anak-anak yang belum di garap secara khusus di pasaran lampung. Anak-anak bisa bermain leluasa di dalam studio taman sehingga mendapatkan gambar yang lebih menarik.
1.2. Analisa Permintaan
Berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan permintaan akan jasa foto di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya yang cukup signifikan, maka kami sangat optimis bahwa Kedai foto akan mendapatkan banyak konsumen. Karna di sini kita memberikan konsep terbaru yang belum pernah ada yaitu outdoor studio yang dimana disini kita memberikan fokus lebih pada poto anak-anak yang saat ini belum digarap secara maksimal. Kuhusnya bandar lampung tidak ada studio foto yang memberikan konsep outdoor studio khusus anak-anak.
1.3. Analisa Penawaran
Penawaran Jasa foto Kedai foto pada tahun-tahun mendatang akan semakin besar. Hal ini dapat dilihat pada table dibawah ini:
Tabel 1.1. Analisa Penawaran
Jasa Lokal
|
Import
|
Penawaran akan Datang
| |
Tahun 1
|
5166
|
0
|
5166
|
Tahun 2
|
6552
|
0
|
6552
|
Tahun 3
|
8176
|
0
|
8176
|
Tahun 4
|
9923
|
0
|
9923
|
Tahun 5
|
12927
|
0
|
12927
|
1.4. Analisa Gap Pasar
Gap antara permintaan dan penawaran sampai lima tahun mendatang masih besar. Hal ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.2. Analisa GAP Pasar
Tahun
|
Permintaan
|
Penawaran
|
Gap Permintaan dan Penawaran
|
Tahun 1
|
32.400
|
5.166
|
27.234
|
Tahun 2
|
33.100
|
6.552
|
26.548
|
Tahun 3
|
34.240
|
8.176
|
26.064
|
Tahun 4
|
34.599
|
9.923
|
24.676
|
Tahun 5
|
35.340
|
12.927
|
22413
|
1.5. Ramalan Penjualan
Dari tahun ke tahun bisnis ini sangat menjanjikan, ini bisa dilihat pada table dibawah ini.
Tabel 1.3. Ramalan Jasa Weding 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Tahun 1
|
5
|
0,46
|
Tahun 2
|
9
|
0,75
|
Tahun 3
|
12
|
1
|
Tahun 4
|
16
|
1,33
|
Tahun 5
|
18
|
1,5
|
Tabel 1.3. Ramalan Jasa Buku Tahunan 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Tahun 1
|
1
|
Tahun 2
|
3
|
Tahun 3
|
4
|
Tahun 4
|
7
|
Tahun 5
|
9
|
Tabel 1.3. Ramalan Jasa Pas Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Ramalan Penjualan/hari
|
Tahun 1
|
1800
|
150
|
5
|
Tahun 2
|
2520
|
210
|
7
|
Tahun 3
|
3240
|
270
|
9
|
Tahun 4
|
4320
|
360
|
12
|
Tahun 5
|
5400
|
450
|
15
|
Tabel 1.3. Ramalan Jasa Wisuda dan Frame Foto 5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Tahun 1
|
1200
|
100
|
Tahun 2
|
1500
|
125
|
Tahun 3
|
1680
|
140
|
Tahun 4
|
1980
|
165
|
Tahun 5
|
2100
|
175
|
Tabel 1.3. Ramalan Jasa outdoor Anak dan Indoor
5 Tahun Penjualan
Tahun
|
Ramalan Penjualan/thn
|
Ramalan Penjualan/bln
|
Ramalan Penjualan/hari
|
Tahun 1
|
2160
|
180
|
6
|
Tahun 2
|
2520
|
210
|
7
|
Tahun 3
|
3240
|
270
|
9
|
Tahun 4
|
3600
|
300
|
10
|
Tahun 5
|
5400
|
450
|
15
|
2. RENCANA PASAR
2.1. Strategi Jasa
Pemasaran bagi usaha Jasa foto tidak hanya sekedar kegiatan penjualan, juga bukan kegiatan khusus [specialized activity]. Pemasaran merupakan seluruh kegiatan organisasi dilihat dari sudut pandang pelanggannya. Pelanggan merupakan fondasi bagi organisasi untuk mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya dan sudah selayaknya jika organisasi bisnis menetapkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Drucker, 1954]. Pemasaran merupakan cara menjalankan organisasi dengan meletakkan kepetingan dan kepuasan pelanggan sebagai tujuan organisasi [Levitt, 1960].
Dengan adanya pesaing lain, maka strategi jasa foto akan melakukan Manajemen Hubungan Pelanggan [Costumer Relation Manajemen / CRM] diantaranya dengan memprioritaskan pelayanan prima dan kepuasaan pelanggan dalam mewujudkan loyalitas pelanggan.
2.2. Strategi Saluran Distribusi
Karena kita bergerak didalam pelayanan jasa jadi tidak ada jalur distribusi.
2.3. Strategi Promosi dan Iklan
Untuk mempromosikan dan publikasi usaha Jasa foto, menggunakan diantaranya media cetak, yaitu dengan memuat iklan di surat kabar harian , liflet, pamlet. Selain itu juga kita mengait mitra ke event organizer (IO), kesekolah sekolah, taman kanak kanak, dan wisuda, event dan pelatihan-pelatihan edukatif secara terjadwal.
2.4. Strategi Harga
Dalam membuat strategi harga, Industri Jasa foto menetapkan strategi harga dengan model Captive Product Pricing yaitu harga ditetapkan berdasar produk lain yang harus digunakan bersamaan dengan produk utama. Harga produk utama biasanya dipasang rendah dan mark up yang tinggi dari produk kaitannya.
Setiap jasa dikenakan biaya yang berbeda sesuai permintaan pelanggan, untuk lebih jelas dapat dilihat pada table sebagai berikut:
Tabel 2.1 Produk Yang Ditawarkan
Produk Yang Ditawarkan
|
Harga
|
Paket gold wedding
|
Rp. 1.000.000,-
|
Paket silver wedding
|
Rp. 500.000,-
|
Buku Tahunan
|
Rp. 100.000,-
|
Paket Pas Poto
|
Rp. 10.000,-
|
Paket Frame
|
Rp. 15.000,-
|
Paket studio Outdoor Anak
|
Rp. 30.000,-
|
Paket Indoor
|
Rp. 50.000,-
|
Paket Wisuda
|
Rp. 35.000,-
|
2.5. Kesimpulan dan Justifikasi
Rencana pemasaran Jasa foto untuk awal adalah sebagai berikut:
Rencana Untuk Menarik Minat Lebih Banyak Pelanggan
|
Perkiraan Biaya
|
Memasang banner vinyl berukuran sedang pada beberapa sudut sekitar lokasi usaha kami.
|
Rp 200.000,-
|
Menyebarkan pamflet promosi diperumahan, kampus, sekolahan, dan berberapa tempat keramaian di Bandar Lampung.
|
Rp 50.000,-
|
Memasang iklan baris di salah satu media cetak di Bandar Lampung.
|
Rp 150.000,-
|
Menggunakan sistem pemasaran dari mulut ke mulut (mouth to mouth) di lingkungan kampus.
|
Rp 0,-
|
Total
|
Rp 400.000,-
|
Jumlah ini didapatkan setelah melewati proses justifikasi penjualan. Maka dari itu, pendapatan per bulan dinilai cukup memuaskan untuk tahun pertama. Karena itu Industri Jasa foto layak untuk melakukan kegiatan operasionalnya.
3. RENCANA OPERASIONAL, PRODUKSI DAN TEKNOLOGI
3.1. Uraian Jasa
Target konsumen adalah kalangan anak-anak (balita), mahasiswa, pelajar, weding, dan umumnya masyarakat yang tinggal di Kota Bandar Lampung dan khususnya di sekitar lokasi usaha kami. Kualitas hasil foto dan pelayanan adalah faktor utama kami, karena apabila kurang memuaskan maka dinilai kurang memuaskan dan mereka para pelanggan akan mencari tempat lain, namun apabila para pelanggan puas maka mereka akan berlangganan dan menyampaikan kepada teman-temannya. [marketer independent]
3.2 Lokasi Pasar Sasaran, Pesaing & Pusat Layanan
Usaha Jasa foto terletak di Jl. Ki Maja, Way Halim Bandar Lampung lokasi ini dipilih karena sangat strategis, selain letaknya di pinggir jalan yang memudahkan transportasi, juga disekitar lokasi terdapat beberapa kompleks perumahan, sekolah mulai dari taman kanak kanak sampai SMA, tempat Nongkrong anak-anak muda dan pusat kegiatan ekonomi. Lahan yang tersedia adalah 200m2
Keterangan:
- Lokasi Usaha/Pusat ____
- Pasar Sasaran ____
- Pesaing ____
3.3. Gedung, Gudang dan Infrastruktur
Untuk bangunan, kami membuat sebuah rumah yang memiliki halaman depan yang cukup luas sebagai tempat operasional.
Gambar 3.2. Gedung, Gudang & Infrastruktur
IN - Out
3.4. Proses Operasional
Untuk memulai proses, kami melakukan beberapa tahapan proses antara lain:
· Proses pertama dimulai dengan mengadakan promosi baik melalui media cetak maupun menyebarkan brosur-brosur ke setiap kantor pemerintahan, swasta, club-club dan juga masyarakat.
· Proses kedua adalah melakukan layanan kepada konsumen.
3.5. Peralatan Studio
Adapun peralatan yang kami butuhkan antara lain:
Tabel 3.5 Peralatan dan Peralatan Kantor
KETERANGAN
|
BIAYA
|
SUMBER DANA
| |
Equitas
|
Pinjaman
| ||
Peralatan Studio
| |||
* foto Indoor
| |||
- Kamera canon EOS 500D + 18 55 mm IS
|
7.600.000
|
-
|
7.600.000
|
-Softbox Jimbei 1 set
|
5.000.000
|
-
|
5.000.000
|
- Layar 3 x 4 m @ 3
|
450.000
|
-
|
450.000
|
-Flase Suqunix
|
750.000
|
-
|
750.000
|
-Tripot
|
300.000
|
300.000
|
-
|
TOTAL Peralatn Studio Indoor
|
14.100.000
|
300.000
|
13.800.000
|
* Foto Outdoor
| |||
- Tenda stan foto wisuda
|
800.000
|
800.000
| |
-Backgrown
|
1000.000
|
1000.000
| |
TOTALPralatan Outdoor
|
1.800.000
|
1.800.000
| |
TOTAL
|
15.900.000
|
300.000
|
15.600.00
|
Alat pendukung
| |||
Komputer Coor 2 Dou + SAMSUM LCD MONITOR 15,6” Widi TFT
|
4.000.000
|
4.000.000
| |
-Karpet
|
150.000
|
150.000
| |
-Stabilizer toyosaki model AR -1000
|
250.000
|
250.000
| |
-Printer canon ip
|
1.200.000
|
1.200.000
| |
- Kursi plastik 5 buah
|
250.000
|
250.000
| |
-Payung Anak anak: 2 unit
|
40.000
|
40.000
| |
-Pompa air SANYO
|
100.000
|
100.000
| |
-Rumput
|
100.000
|
100.000
| |
-Bunga taman
|
300.000
|
300.000
| |
-Serperangkat permainan asesoris
|
430.000
|
430.000
| |
-Frame 6 BUAH
|
180.000
|
180.000
| |
TOTAL ALAT PENDUKUNG
|
7.000.000
|
6.100.000
|
900.000
|
TOTAL
|
22.900.000
|
6.400.000
|
16.500.000
|
3.6. Kegunaan Listrik Dan Perhitungan Biaya Kegunaan
Untuk menunjang aktivitas operasional, diperlukan listrik. Biaya yang harus dikeluarkan adalah Total biaya per bulan Rp. 150.000,-
3.7. Bahan Baku
Bahan Baku Habis Pakai/bulan
|
Unit
|
Harga
|
Total Harga
|
Kertas Foto
|
20 pcs
|
Rp 50.000,-
|
Rp 1.000.000,-
|
Tinta Warna
|
2 pcs
|
Rp 100.000,-
|
Rp 200.000,-
|
Batrai
|
12 pcs
|
Rp 10.000,-
|
Rp 120.000,-
|
Total
|
Rp 1.320.000,-
|
3.8. Tenaga Kerja
Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan 3 orang dengan posisi sebagai berikut :
1. Ketua Tim : 1 [satu] orang
2. Divisi Financial : 1 [satu] orang
3. Divisi Sarana & Prasarana : 1 [satu] orang
0 Komentar