Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

PUBER PADA REMAJA



A.  Definisi
v  Remaja
Merupakan peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa
Batasan usia remaja menurut:
-          WHO               : 12-24 tahun
-          Depkes          : 10-19 tahun
-          BKKBN L        : 10-19 tahun
v  Reproduksi
Suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya. Sedangkan yang disebut Organ Reproduksi adalah alat tubuh yang berfungsi iuntuk reproduksi manusia.
v  Kesehatan reproduksi remaja
Suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja.

B.  Alat kelamin (Organ Reproduksi)
Ä  Alat reproduksi wanita
1.   Indung telur (ovarium)
2.   Fimbria
3.   Saluran telur (tuba fallopi)
4.   Rahim (uterus)
5.   Mulut rahim (servix)
6.   Liang senggama (vagina)
7.   Mulut vagina (vulva)
Ä  Alat reproduksi pria
1.   Katung zakar (scrotum)
2.   Buah zakar (testis)
3.   Epididimis
4.   Saluran sperma
5.   Vesica seminalis
6.   Kelenjar prostat
7.   Kandung kemih
8.   Uretra
9.   Penis

C.  Informasi tentang masa puber
a Perubahan fisik
Tubuh mengalami perubahan dari waktu ke waktu sejak lahir perubahan yang cukup menyolok terjadi ketika remaja baik perempuan dan laki-laki memasuki usia antara 9-15 tahun. Pada sat itu mereka tidak hanya tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar saja, tetapi terjadi juga perubahan-perubahan di dalam tubuh yang memungkinkan untuk bereproduksi/berketurunan perubahan tersebut meliputi, tumbuhnya rambut di ketiak dan kelamin, tubuh yang semakin berbentuk (misalnya payudara membesar pada cewek atau otot mengliat pada cowok) dan berfungisnya alat-alat reproduksi. Masa ketika tubuh mulai berubah ini disebut sebagai masa Pubertas, dan terjadi di awal remaja.

a Perubahan emosional
Pada remaja juga terjadi perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan, pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi. Pada masa ini remaja akan mulai tertarik pada lawan jenis, remaja perempuan akan berusaha untuk kelihatan atraktif dan remaja laki-laki akan lebih terlihat sifat kelaki-lakiannya. Beberapa perubahan mental lain yang juga terjadi adalah berkurangnya kepercayaan diri (malu, sedih, kuatir dan bingung). Remaja akan merasa canggung terhadap lawan jenis, lebih senang pergi bersama-sama dari pada di rumah, dan cenderung tidak menurut pada orang tua.

a Remaja perempuan sebelum menstruasi akan menjadi sangat sensitif, emosional, dan khawatir tanpa alasan yang jelas. Menstruasi
Diawali dengan rahim melakukan penebalan dinding luar, di komando oleh hormon progesteron, hal ini berguna jika terjadi pembuahan, dinding luar siap menerima zigote (hasil pembuahan) tetapi jika tidak terjadi pembuahan, penebalan dinding rontok dan terjadi penurunan hormon dan dikeluarkan menjadi darah menstruasi.
Hal ini terjadi secara periodik dan rentang waktu antara menstruasi itu disebut Daur menstruasi. Daur ini terjadi tidak sama pada wanita, antara 21-36 hari.

a Mimpi basah itu apa?
Mimpi basah terjadi ketika dalam tidur sperma keluar tanpa disadari. Sering kali ini didahului dengan mimpi yang erotis, tapi ada juga cowok yang nggak bisa mengingat apa yang diimpikannya. Banyak cowok yang kaget ketika pertama kali mimpi basah, namun sebenarnya in adalah proses alamiah yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan sperma.

Kapan masa subur terjadi?
Masa subur adalah masa dimana terjadinya pelepasan sel telur pada perempuan. Titik puncak kesuburan terjadi pada hari ke 14 sebelum masa menstruasi berikutnya tetapi tanggal menstruasi berikutnya sering kali tidak pasti pada remaja. Biasanya di ambil perkiraan masa subur 3-5 hari sebelum dan sesudah hari ke 14. pada masa remaja pencegahan kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seksual pada masa subur (st kalender)


Catatan :
Rasa sayang dan cinta pada masa remaja bisa dibuktikan dengan banyak cara: bertatapan, berbicara, berjalan-jalan dan sebagainya. Adalah “HAK” kamu mengatakan “TIDAK” untuk sentuhan atau hubungan sexual yang tidak kamu inginkan

Kamu berhak atas tubuh kamu sendiri dan kamu harus melindunginya
INGAT ITU!!!

Posting Komentar

0 Komentar