Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Rencana Bisnis Cafe

Rencana Bisnis Cafe 



 
A.    DATA PRIBADI
Nama                           : 
Tempat dan Tgl lahir   : 
Jenis kelamin               :             
Alamat                         
Agama                         : 
Pekerjaan                     : 
Nomor KTP                : 
NPWP                         : 
No.HP                         : 
Email                           : 

B.     DATA USAHA
Nama Perusahaan        : Dun’d Milk Cafe
Bidang Usaha              : KULINER
Jenis Produk                : Milk & Food
Lokasi  Usaha             : 

C.    DASAR  PEMIKIRAN
Susu??? Ya, siapa yang tidak pernah mengenal minuman ini. Susu merupakan salah satu minuman yang banyak maanfaat nya bagi tubuh kita. Pada saat ini usaha minuman susu murni aneka rasa sudah sangat menarik perhatian seseorang sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. Karena dengan modal yang dapat dibilang minim, seseorang bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Saya juga tertarik karena susu murni aneka rasa ini adalah minuman yang sangat menyehatkan serta mengandung kalsium dan mengandung berbagai vitamin yang bagus untuk tubuh manusia. Susu murni aneka rasa ini pun bisa dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa sampai lansia.
Untuk memulai usaha ini, hal yang harus dilakukan adalah mencari tempat yang strategis, nyaman, bersih serta tempat yang ramai. Dalam kesempatan kali ini, saya memilih tempat di dekat kampus karena menurut saya kampus tempat yang paling strategis dan menguntungkan untuk saya yang sedang mencari peluang bisnis.  Target saya selain mahasiswa tentu orang-orang yang ada di dalam kampus dan disekitar kampus seperti dosen atau staff pegawai kampus.
Peralatan dan bahan baku usaha jus ini sangat murah dan mudah didapatkan. Alat utama yang digunakan hanya blender, tapi ada beberapa peralatan yang harus ada juga dalam usaha ini, sedangkan bahan bakunya sendiri
Selain itu juga, latar belakang saya mendirikan usaha susu murni aneka rasa ini adalah saya ingin menginovasi minuman sehat susu murni menjadi susu murni aneka rasa segar yaitu mangga, alpukat, jeruk, pisang, durian, vanilla, mocca, dan rasa coklat. Sehingga susu murni dapat berfungsi sebagaimana fungsinya tersebut yaitu untuk membantu menyehatkan tubuh.
Oleh karena itulah saya ingin membuka atau mendirikan usaha minuman susu murni aneka rasa yang sehat, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet dan menggunakan bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas. Jadi susu dan buah-buah tersebut dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk memberikan nutrisi bagi tubuh dan menyehatkan tubuh kita.

D.    TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan proposal usaha ini adalah :
·         Mendirikan tempat perpaduan antara kafe dengan rumah makan dengan konsep yang baru.
·         Merespon minat dan peluang pasar
·         Menciptakan lapangan pekerjaan
·         Sebagai sumber pendapatan

E.     DETAIL PRODUK (MENU, PROSES, DAN KAPASITAS)
1.      Menu
Dun’d Milk Cafe ini menyajikan menu makanan dan minuman susu dengan dipadukan olahan buah segar, dimana jam operasional mulai dari pukul 16.00 s.d 24.00 setiap harinya.
Menu makanan yang disajikan yaitu makanan ringan berupa sego kucing, sego oseng, berbagai menu varian mie telur, dan varian nasi goreng. Untuk menu makanan ringan yang disajikan berupa berbagai menu varian jamur, kentang goreng,  berbagai macam sate, pisang owol (pisang keju coklat), dan berbagai varian jadah (ketan yang diolah menjadi jenang). Kemudian untuk minuman yang disajikan berupa minuman khas wedangan (berbagai varian kombinasi teh, jeruk, kopi, kencur, jeruk, dll.) berbagai menu berbahan kopi, coklat, susu, minuman karbonasi, dan es krim.  Makanan, makanan ringan, dan snack dikelomokkan sebagai berikut.
a.       Makanan A merupakan menu makanan dengan harga jual Rp 10.000,00 s.d 12.000,00.
b.      Makanan B merupakan menu makanan dengan harga jual Rp 7.000,00 s.d Rp 9.000,00.
c.       Minuman A merupakan menu minuman dengan harga jual Rp 6.000,00 s.d 8.000,00.
d.      Minuman B merupakan menu minuman dengan harga jual Rp 3.000,00 s.d 5.000,00.
e.       Makanan ringan A merupakan menu makanan ringan dengan harga jual Rp 7.000,00 s.d 9.000,00.
f.       Makanan ringan B merupakan menu makanan ringan dengan harga jual Rp 6.000,00
Margin produksi dengan harga jual ditetapkan untuk makanan Rp 3.000,00 dan minuman Rp 2.500,00. Bahan baku makanan dan minuman seperti coklat, mentega, teh, kopi, dan kebutuhan lainnya didapatkan dari toko ritel,  toko bahan kue, dan pasar tradisional dan menerima kongsinyasi dari supplier makanan khas wedangan.
2.      Proses Operasi
Dalam proses operasional Dun’d Milk Cafe membutuhkan 5 tenaga kerja, 1 orang sebagai kasir dan bertugas membeli bahan baku, 1 orang juru masak atau koki, 3 orang cook helper sekaligus pelayan pembuat minuman dan pencuci piring.
3.      Kapasitas Tempat
Kapasitas maksimal untuk kunjungan konsumen dengan asumsi masing-masing pengunjung terlayani oleh setiap pegawai selama 10 menit dengan 4 pegawai adalah 144 konsumen (4 pegawai melayani 6 pelanggan setiap jam selama 6 jam).


F.     LOKASI, TARGET PASAR, TARGET KUNJUNGAN KONSUMEN, TARGET PENJUALAN, DAN STRATEGI PEMASARAN
1.      Lokasi
Tempat usaha berada di Jl. Sultan Agung no.3, Sukarame, Bandar Lampung. Lokasi tersebut dipilih karena berada di tengah kota,  lokasinya berdekatan dengan pusat kegiatan berkumpulnya remaja dan  Stadion sumpah pemuda.
2.      Target Pasar
Target pasar Dun’d Milk Cafe adalah anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan karyawan.
3.      Target Kunjungan Konsumen
Targer kunjungan konsumen sebanyak 45 orang selama weekdays dan 70 orang selama weekend.
4.      Target Penjualan
Target penjualan minimal dari konsumsi tiap konsumen selama weekdays sebesar Rp 15.000 dengan memesan 2 menu (makanan dan minuman) dan selama weekend sebesar Rp 20.000,00 dengan memesan 3 menu (makanan, minuman, dan snack).
5.      Strategi pemasaran
·         Penggunaan nama “Dun’d Milk Cafe” yang mencerminkan bahwa Cafe kami menyediakan tempat nongkrong yang lebih nyaman dan bersih.
·         Penetapan harga yang terjangkau untuk kalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan yang diperuntukkan untuk makan malam maupun tempat untuk berkumpul bagi konsumen
·         Pembuatan layout tempat dan lampu yang menarik dan artistik, dengan memajang foto-foto dan karikatur sehingga pelanggan tertarik mengambil foto kemudian mengunggah di media sosial.
·         Promosi melalui akun pribadi media sosial berupa twitter, instagram, dan facebook
·         Menggunakan jasa buzzer dan jasa promosi akun media sosial yang membahas tentang kuliner dan tempat nongkrong
·         Promosi menggunakan akun media sosial konsumen berupa promo gratis menu spesial bagi pelanggan yang mengunggah foto di media sosial dengan kuota dan hari tertentu.
·         Brosur dan pamflet yang disebar di lokasi kampus, sekolah-sekolah, dan tempat parkir mall
·         Penggunaan nama wifi dan password dengan menggunakan menu spesial yang ada
·         Paket untuk ulang tahun maupun acara rapat komunitas mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum
·         Pemberian tulisan kata-kata lucu atau romantis pada seragam karyawan
·         Memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan respon yang cepat terhadap pesanan pelanggan


G.    ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Dalam menjalankan usaha ini, dibutuhkan 5 orang pegawai lulusan SMK Tata boga. Libur kerja diberikan secara bergantian. Untuk menjamin ketersedaiaan pegawai dibuat kontrak pegawai yang mengikat selama 6 bulan dan kenaikan gaji pada kontrak periode kedua. Pemilik bertanggung jawab menjadi kasir dan membelanjakan segala kebutuhan sehari-hari. Pemilik usaha juga menanggung biaya asuransi sebesar asuransi kelas 3 apabila pegawai mengikuti asuransi BPJS.

H.    BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL

1.
Perhitungan Biaya Bahan Baku

Hari
Kelompok Menu
Target Konsumsi
Target Kunjungan Per Hari
Target Kunjungan Per Bulan
Penjualan Per Hari
Penjualan Per Bulan
Margin Produksi
Biaya Bahan baku perhari
Biaya Bahan Baku Sebulan
Weekend (8 hari)
Makanan
15.000
60
480
900.000
7.200.000
4.000
360.000
2.880.000
Minuman
5.000
Weekdays (22 hari)
Makanan
25.000
40
880
1.000.000
22.000.000
4.000
520.000
11.440.000
Snack
3.000
Minuman
5.000

Total

29.200.000


14.320.000

2. Biaya Bahan Baku Untuk Bulan Pertama
No
Bahan
Total
1
Bahan baku minuman, makanan ringan dan makanan
14.320.000







3.Kebutuhan Modal
No
Bahan
Volume
Biaya
Jumlah
1.       
Biaya Investasi




a.       Kompor Gas
b.      Kulkas
c.       Meja dan Kursi (1 Meja 2 kursi)
d.      Meja dan Kursi (1 Meja 4 kursi)
e.       Tempat display makanan
f.       Sewa ruko (angsur 3 periode setahun)
g.      Renovasi
h.      Alat saji minuman dingin
i.        Alat saji minuman panas
j.        Alat saji snack
k.      Alat saji makanan berat
l.        Lampu
m.    Seragam karyawan
n.      Alat masak
o.      Blender
p.      Sound Sistem
2 unit
1 unit
12 set
10 set
1 set
4 Bulan
1 Ruko
3 Lusin
3 Lusin
3 Lusin
3 Lusin
20 buah
2 Lusin
1 Set
3 Buah
1 Set

450.000
2.500.000
400.000
600.000
900.000
2.500.000
3.000.000
90.000
120.000
120.000
150.000
35.000
300.000
1.250.000
500.000
1.000.000


900.000
2.500.000
4.800.000
6.000.000
900.000
10.000.000
3.000.000
270.000
360.000
360.000
450.000
700.000
600.000
1.250.000
1.500.000
1.000.000
Subtotal
34.590.000

2.       
Biaya Operasional Per Bulan




a.       Bahan baku 1 Minggu
b.      Biaya Tenaga Kerja
c.       Biaya Asuransi Pegawai
d.      Biaya Listrik
e.       Biaya Wifi
f.       Biaya Pemasaran
g.      Biaya Kebersihan
h.      Biaya Lainnya
1 Minggu
5 Orang
5 Orang
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
720.000
800.000
30.000
300.000
280.000
800.000
60.000
150.000
720.000
4.000.000
150.000
300.000
280.000
800.000
60.000
150.000
Subtotal
6.460.000
Total Kebutuhan Modal
41.010.000


4.Proyeksi Pendapatan dan Biaya
No
ITEM
Volume
Biaya
Jumlah
1.       
Penjualan




Penjualan Per Bulan (30 Hari)


29.200.000
2.       
Biaya Produksi


20.860.000

a.       Bahan baku
b.      Biaya Tenaga Kerja
c.       Biaya Asuransi Pegawai
d.      Biaya Listrik
e.       Biaya Wifi
f.       Biaya Pemasaran
g.      Biaya Overhead
h.      Biaya Kebersihan
i.        Biaya Lainnya

5 Orang
5 Orang
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan
1 Bulan

800.000
30.000
300.000
280.000
800.000
800.000
60.000
150.000
14.320.000
4.000.000
150.000
300.000
280.000
800.000
800.000
60.000
150.000
3.       
Keuntungan


8.340.000





4.      Analisis Pengembalian Investasi

Pay Back Periode (Pengembalian Investasi)
Total Kebutuhan Modal
Keuntungan
 
 


           =

41.010.000
8.340.000
 
 


                                         =
                                  

                                         =       4,92 (pada bulan ke-5)










I.       KESIMPULAN
Usaha Dund Milk Cafe ini cukup menjanjikan, karena pasar cukup terbuka, bahan baku mudah diperoleh dan dapat dikembangkan dengan berbagai rasa.

Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena  dari sisi analisis keuangannya cukup menguntungkan dan memiliki prosfek pasar yang baik 

Posting Komentar

0 Komentar