Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Tumbuh Kembang



PENGERTIAN TUMBUH KEMBANG

1. Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahn dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ, maupun individu, yang bisa dikur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik.
2. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dana dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan.

Pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi organ / individu. Kedua proses ini berlangsung secara sinkron.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG
1.      FAKTOR GENETIK/KETURUNAN
v Faktor Bawaan baik yang normal ataupun yang abnormal.
v Jenis Kelalmin
v Suku Bangsa
v Bangsa

2.      FAKTOR LINGKUNGAN
v Faktor lingkungan yang mempengaruhi anak sebelum lahir
·      Gizi ibu pada waktu hamil
·      Mekanis
·      Toksin/zat kimia
·      Endokrin
·      Radiasi
·      Infeksi
·      Stress
v Faktor lingkungan yang mempengaruhi anak sesudah lahir
·  Lingkungan Biologis
·  Faktor Fisik
·  Faktor Psikososial
·  Faktor Keluarga dan adat istiadat

KEBUTUHAN DASAR ANAK
1. Kebutuhan fisik (ASUH)
2. Kebutuhan emosi/kasih sayang (ASIH)
3. Kebutuhan akan stimulasi mental (ASAH)

CIRI-CIRI TUMBUH KEMBANG
1.     Tumbuh kembang adalah proses yang terus menerus.
2.     Ada masa terjadi percepatan atau perlambatan serta laju tumbuh kembang yang berlainan.
3.     Pola perkembangan anak sama pada semua anak  tetapi kecepatannya berbeda antara satu anak dengan anak yang lain.
4.     Perkembangan berhubungan dengan pematangan sistem syaraf.
5.     Arah perkembangan anak adalah dari kepala ke kaki.

      Periode yang paling penting bagi tumbuh kembang anak adalah masa Balita.
Sangat penting sebagi dasar untuk perkembangan selanjutnya, yakni masa prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja.

Untuk itu dibutuhkan :
1.     Kesehatan dan gizi yang baik yang didapatkan dari masa kehamilan, bayi dan anak prasekolah.
2.     Stimulasi/rangsangan yang cukup dalam kualitas dan kuatitas.
3.     Keluarga dan program KB mempunyai peran yang penting dalam pembinaan fisik, mental sosial anak Balita.

PERKEMBANGAN MENTAL ANAK BALITA
Dari lahir sampai 3 bulan
·        Belajar mengangkat kepala
·        Melihat kemuka orang dengan tersenyum.
·        Bereaksi terhadap suara/bunyi.
·        Mengenal ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak.
·        Mengoceh.
Dari 3 bulan sampai 6 bulan
·        Mengangkat kepala .
·        Mulai belajr meraih benda-benda yang ada disekitarnya.
·        Menaruh benda-benda dimulutnya.
·        Tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak bermain.
Dari 6 sampai 9 bulan
·        Dapat duduk tanpa dibantu.
·        Dapat tengkurep dan berbalik sendiri.
·        Dapat merangkak meraih benda atau mendekati orang.
·        Bergembira dengan melempar benda-benda,
·        Mengeluarkan suara yang tanpa arti.
·        Mengenal muka anggota keluarga dan takut dengan orang asing.
Dari 9 sampai 12 bulan
·        Dapat berdiri sendiri tanpa dibantu.
·        Dapat berjalan dengan dituntun.
·         Menirukan suara.
·        Mengulang bunyi yang didengarrnya.
·        Belajar satu atau dua kata.
·        Berpartisipasi dalam permainan.
Dari 12 sampai 18 bulan
·        Berjalan.
·        Menyusun 2 atau 3 kotak.
·        Dapat mengatakan 5 – 10 kata.
·        Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing.
Dari 18 sampai 24 bulan
·        Naik turun tanggga.
·        Menyusun 6 kotak.
·        Menunjuk mata dan hidungnya.
·        Meyusun dua kata.
·        Belajar makan sendiri.
·        Mengambar garis di kertas atau pasir.
Dari 2 sampai 3 tahun
·        Belajar meloncat, memanjat, melompat dengan satu kaki.
·        Membuat jembatan dengan 6 kotak.
·        Mampu menyusun kalimat.
·        Mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya.
·        Menggambar lingkaran.
·        Bermain dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain diluar keluargannya.
Dari 3 sampai 4 tahun
·        Berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga.
·        Berjalan pada jari kaki.
·        Belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri.
·        Mengambar garis silang.
·        Menggambar orang hanya kepala dan badan.
·        Mengenal 2 atau 3 warna.
·        Bicara dengan baik.
·        Menyebut nama, jenis kelamin dan umurnya.
·        Banyak bertanya.
·        Bermain dengan anak lain.
·        Mendengarkan cerita-cerita.
·        Menunjukkan kasih sayang dengan saudara-saudaranya.
·        Dapat melakukan tugas-tugas sederhana.
·        Mengenal sisi atas, sisi bawah, sisi belakang.
Dari 4 sampai 5 tahun
·        Melompat dan menari.
·        Menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan.
·        Menggambar segi tiga dan segi empat.
·        Pandai bicara.
·        Dapat menghitung jari-jarinya.
·        Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu.
·        Mendengar dan  mengulang hal-hal penting dan cerita.
·        Minat terhadap kata baru dan artinya.
·        Mengenal 4 warna.
·        Memperkirakan bentuk ddan besarnya benda, membedakan besar dan kecil.
·        Menaruh minat terhadap aktivitas orang tua.
DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA

DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA

Posting Komentar

0 Komentar