BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Judul Kegiatan
Murahnya harga HP (Hand Phone) membuat masyarakat dari
kalangan atas hingga kalangan bawah dapat menikmati komunikasi via HP, bahkan
tidak sedikit masyarakat memiliki lebih dari satu hp dan lebih dari satu chip
operator telekomunikasi, hal ini menarik minat kami untuk membuat sebuah server
mini untuk dapat memenuhi memenuhi kebutuhan konsumen akan pulsa.
Adapun peluang lainya adalah lokasi utama
yang akan kami jadikan tempat usaha adalah lingkungan kampus yang mana selain
kebutuhan pulsa ada lagi kebutuhan yang penting lainnya yakni rental komputer
dan print.
Dari kedua
peluang di atas maka kami berencana menggabungkan dua unit usaha menjadi satu atap
sehingga menjadi efektif dan efisin sehingga kami mengambil judul kegiatan atau
usaha, Server Pulsa Mini plus Rental
Komputer dan Print.
1.2
Status Usaha
Usaha
yang akan kami jalankan ini adalah rintisan usaha baru yang bergerak di bidang jasa
penyedian pulsa elektrik, fisik, rental komputer dan print.
1.3 Rasional Kegiatan
Usaha server
mini plus rental komputer adalah usaha kecil yang memanfaatkan perkembangan
teknologi dan kemajuan zaman usaha ini bergerak dalam bidang penyediaan pulsa
elektrik, pulsa fisik, rental komputer dan print, adapun hal yang
melatar-belakangi kami dalam menjalakan bisnis ini antara lain adalah :
1.
Mengembangkan
pengetahuan yang di dapatkan di bangku perkuliahan terutama jiwa wirausaha.
2.
Terbukanya
peluang dalam dunia transaksi pulsa karena makin murah hp makin banyak pengguna
hp dan makin banyak pula operator yang di gunakan sehingga penggunaan pulsa
akan terus meningkat.
3.
Keterbatasan
modal untuk membuat server inti sehingga yang kami pilih adalah server mini
atau memanfaatkan keagenan yang kami peroleh dari penyedia pulsa elektrik lain,
dengan tujuan agar terbiasa menggunakan server dan pada akhirnya dapat
membangun server inti tersendiri.
4.
Mudah
dalam melakukan pengontrolan transaksi karena kami adalah mahsiswa jadi waktu
kami masih terbagi untuk menyelesaikan kuliah.
5.
Lokasi
yang strategis, dekat dengan kampus dan SMK serta lokasi kost-kostan mahasiswa
sehingga rental komputer dan print memiliki peluang yang besar unutk
berkembang.
6.
Pulsa
dan komputer merupakan kebutuhan pokok saat ini bagi masyarakat terutama
mahasiswa/i dan pelajar.
1.4
Tujuan Kegaitan
Tujuan dari kami mendirikan usaha
ini adalah
1.
Terbukanya
peluang untuk menjadi wirausaha.
2.
Menyediakan
tempat yang dekat dalam melakukan pembelian saldo untuk transaksi pulsa
elektrik.
3.
Penerapan
Ilmu pengetahun yang di daptkan dalam bangku kuliah Fakultas Ekonomi selama
kurang lebih tiga tahun.
4.
Menjadi
mahasiswa mandiri sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada pemberian orang
tua.
5.
Membuka
lapangan pekerjaan baru bagi pekerja dan agen-agen yang tergabung dalam
Myupgrade.
BAB II
METODE
PELAKSANAAN
2.1 Produk
Produk yang
akan kami tawarkan adalah
1.
Pulsa
elekterik, di mana keunggulan pulsa elektrik dari Myupgrade adalah transaksi
cepat dan stabil, harga yang di tawarkan adalah harga eceran terendah untuk
counter dan counter berjalan.
2.
Pulsa
Fisik, di mana pulsa fisik yang kami tawarkan adalah harga untuk grosir atau untuk
counter sehingga walaupun untung tiap pcs kecil namun, kami lebih menekankan pada volume penjualan
dan media promosi.
3.
Rental
komputer dan print dimana kedua elemen tersebut adalah suatu kesatuan yang
saling melengkapi. Dan sangat di butuhkan bagi mahasiswa, pelajar serta
masyarakat disekitar lingkungan Unila.
2.2
Bahan Baku
Karena perusahaan atau unit usaha kami
bergerak dalam bidang jasa dan penjualan maka, kami tidak menggunakan bahan baku.
2.3 Pemasaran
Segmen pasar yang kami bidik
untuk sementara waktu dua tahun kedepan adalah, masyarakat umum di Lampung dan mengkhususkan
kepada mahasiswa dan pelajar dilingkungan Unila dengan tidak menyampingkan
masyarakat di Lampung dan tiga
tahun kedepannya kami akan memperluas pemasaran dengan melakukan pemasran di
luar provinsi lampung.
Berikut ini adalah hal-hal
yang kami perhatikan untuk pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
1. Tempat
yang strategis (place),
2. Produk
yang bermutu (product),
3. Harga
yang kompetitif (price), dan
4. Promosi
yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya
konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan
(convenience), dan
4. Komunikasi
(comunication).
Dari
apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa
pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus
kegiatan operasional maupun perencanaan perusahaan. Pemasaran yang
berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen
(tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di
dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Dalam
menganalisis peluang (aspek pemasaran) kami dapat menganalisisnya dari empat
bauran pemasaran (4P). Dengan harapan setelah kami menganalisisnya kami akan
mengetahui bagaimana peluang usaha ini nantinya.
- Tempat yang strategis (place)
Dari aspek tempat kami
memilih empat tempat yang kami analisis cukup strategis karena dipusat
keramaian adapun ke empat tempat tersebut terletak di :
- Jl.Bumi Manti (kampung baru, Unila), di sini adalah kantor dan tempat utama untuk pengoperasian perusahaan. Dimana terdapat usaha server mini dan pengoperasian rental komputer dan print.
- Jl.Untung Suropati (Kompleks Ps.Tempel Stasiun), Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
- Jl.P.Antasari Gg.Sadar No.04, kedamaian, Bandarlampung. Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
- Jl.Merak (Kompleks Ps.Tugu), Disini adalah cabang dari perusahaan, adapun kegiatan disini adalah pengisian saldo Myupgrade dan voucher fisik.
- Produk (product)
Aspek produk dalam perdagangan menyangkut pengetahuaan
mengenai pulsa dan rental komputer serta print yang mana kebutuhannya sangat
penting bagi masyarakat atau konsumen.
3. Harga (Price)
Dalam segi harga kami menganalisa pasar
dan menetapkan harga pasar terendah sehingga calon konsumen akan tertarik untuk
bergabung bersama Myupgrade baik dalam hal pulsa maupun penggunaan jasa rental
komputer dan print, dengan
mengambil laba per transaksi untuk pulsa elektrik Rp.50 dan Rp.50 di berikan
kepada agen yang medaftarkan agen lain membuat usaha kami akan terus berkembang.
4. Promosi (Promotion)
Promosi sangatlah penting dalam
menginformasikan produk kepada pelangaan dan calon konsumen. Adapun media
promosi yang kami lakukan adalah :
1. Pamplet
dan Brosur.
2. Sepanduk
di depan tempat usaha.
3. Bonus transaksi pulsa /bulan dan member yang aktif /tiga bulan.
4. Pengurangan
harga percetakan jika melebihi kuota yang di tentukan.
5. Membuat
konsumen merasa puas dengan pelayanan dan jasa kami sehingga dengan sendirinya
mengabarkan kepada orang-orang di sekitar mereka.
2.4
Gambaran perhitungan transaksi
Tabel
2.4.1 Target pasar selama lima tahun
kedepan dalam segi pulsa
Tahun usaha
|
Jumlah Konsumen
|
Jumlah transaksi /
hari
|
Jumlah
Produk
|
2010 – 2011
|
200 agen
|
10 transaksi / agen
|
-
|
2011 – 2012
|
300 agen
|
20 transaksi / agen
|
-
|
2012 – 2013
|
400 agen
|
20 transaksi / agen
|
-
|
2013 – 2014
|
500 agen
|
20 transaksi / agen
|
-
|
2014 – 2015
|
600 agen
|
20 transaksi / agen
|
-
|
Ket: transaksi
perhari adalah rata-rata transaksi perbulan
Tabel
2.4.2 Target pasar selama lima tahun kedepan dalam segi print
Tahun usaha
|
Jumlah cetak /hitam
|
Jumlah cetak /warna
|
Jumlah
Produk
|
2010 – 2011
|
100/hari
|
20/hari
|
-
|
2011 – 2012
|
200/hari
|
25/hari
|
-
|
2012 – 2013
|
300/hari
|
30/hari
|
-
|
2013 – 2014
|
400/hari
|
35/hari
|
-
|
2014 – 2015
|
500/hari
|
40/hari
|
-
|
Ket: jumlah cetak perhari
adalah rata-rata cetak perbulan
Tabel
2.4.3 Target pasar selama lima tahun
kedepan dalam segi voucher
Tahun usaha
|
Jumlah transaksi
|
Margin per Transaksi
|
Jumlah
Produk
|
2010 – 2011
|
200 agen
|
Rp.150,-
|
-
|
2011 – 2012
|
300 agen
|
Rp.150,-
|
-
|
2012 – 2013
|
400 agen
|
Rp.150,-
|
-
|
2013 – 2014
|
500 agen
|
Rp.150,-
|
-
|
2014 – 2015
|
600 agen
|
Rp.150,-
|
-
|
Ket: transaksi
perhari adalah rata-rata transaksi perbulan
BAB III
TARGET
LUARAN
3.1
Target produk :
Produk
yang akan dihasilkan atau tawarkan adalah saldo pulsa elektrik, voucher
pulsa fisik dan rental komputer serta print adapun target produk terjual untuk
saldo pulsa elektrik adalah 10 transaksi /hari /agen dengan margin keuntungan
rata-rata Rp.50,-
per transaksi. Penjualan voucher fisik 200 pcs / hari dengan margin keuntungan
rata-rata Rp.150,-.
Jasa rental komputer 10 orang / hari dengan harga Rp.1.000,-/jam pengoperasian selama 12 jam dan jasa print 100 lembar /hari untuk hitam dan 20 lembar /hari untuk warna dengan harga
Rp.200,-/ hitam dan Rp.500,-/untuk warna.
3.2 Target konsumen
Target
konsumen yang kami bidik untuk pulsa elektrik dan fisik antara lain, counter pulsa
dan counter berjalan yang ada di Lampung dan luar Lampung dari kalangan
masyarakat umum, dan pelajar serta mahasiswa. Sedangkan target konsumen untuk
rental komputer dan print adalah mahasiswa, pelajar, karyawan dan masyarakat
umum di sekitar Unila yang sangat membutuhkan komputer dan print untuk
menunjang pekerjaan meraka.
3.3 Target
pendapatan
Adapun target pendapatan
bersih rata-rata yang kami inginkan adalah Rp.5.000.000,-/bulan selama lima
tahun.
BAB IV
Rencana Operasional
4.1
Proses Operasional
Untuk memulai proses, kami melakukan beberapa tahapan
proses antara lain:
·
Pembuatan mini server dan rental komputer
Ada dua
tahapan dalam perencanaan operasional yakni pembuatan mini server dan pembuatan
rental komputer dalam satu atap. Pertama pembuatan mini server diletakan
kedalam ruangan khusus yang hanya karyawan dan pemilik yang dapat masuk
kedalamnya dan peletakan etalase (sudah ada) untuk voucher fisik di depan pintu
masuk berbentuk L dan tahap kedua adalah peletakan tiga buah komputer dan dua
buah printer di sebelah kanan ruangan agar terlihat rapih.
·
Proses Transaksi
Transaksi
terbagi atas dua transaksi transaksi pulsa dan transaksi rental komputer,
tiap-tiap transaksi di tangani oleh satu orang karyawan, adapun tugas karyawan
rental lebih banyak membantu karyawan untuk transaksi pulsa di karenakan akan
lebih banyak transaksi pulsa yang akan terjadi.
4.2
Penjualan produk atau jasa
Beberapa hal
dalam melakukan penjualan produk dan pelayanan jasa:
1.
Setiap
transaksi yang terjadi di bukukan kedalam pembukan harian baik pulsa maupun
rental komputer.
2.
Pembukuan
operasional usaha dilakukan setiap hari agar tidak terejadi penumpukan
pembukuan.
3.
Setiap
transaksi pulsa di sertakan nota penjualan ke pada konsumen dan copy nota ke pemilik.
4.
Setiap
terjadi percetakan yang salah maka hasil cetakan disimpan untuk di bukukan
ketika akhir bulan.
5.
Jika
ada komplain pelanggan mengenai pulsa yang belum masuk di tangani paling lama 1
x12 jam dari komplain di terima, sehingga konsumen merasa puas.
4.3 Peralatan
Adapun peralatan yang kami butuhkan
Tabel 4.3 Peralatan
4.4
Kegunaan listrik dan pulsa, perhitungan biaya kegunaan
Untuk menunjang aktivitas operasional, diperlukan listrik. Biaya
yang harus dikeluarkan adalah Total biaya per bulan Rp.550,000,- dan untuk pulsa sudah dikurangi
dari margin pertransaksi, dan hal
tersebut dilihat dari biaya pemakaian listrik dan pulsa per bulan.
4.5 Bahan
Baku
Karena usaha
kami bergerak dalam bidang penjulan pulsa dan jasa maka kami tidak menggunakan
bahan baku untuk proses prusahan, namun yang kami gunakan adalah komputer,
pulsa elektik, voucher fisik, modem, tinta printer dan kertas ukuran A4 dan F4.
4.6 Tenaga
Kerja
Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini adalah sebagai berikut :
·
2
orang karyawan
1 Orang teknisi lepas (jika ada masalah dalam server
baru bekerja)
0 Komentar