·
150: Hero's Engine (aeolipile) - tampaknya
Pahlawan mesin uap itu dianggap tidak lebih dari satu mainan, dan dengan
demikian potensi penuh tidak menyadari selama berabad-abad.
·
1500: The "Chimney Jack" digambar oleh
Leonardo da Vinci yang memutar pemanggangan.
Udara panas dari api naik melalui serangkaian penggemar yang menghubungkan dan
memutar pemanggangan.
·
1551: Jawad al-Din menemukan sebuah
uap turbin, yang ia gunakan
untuk kekuasaan diri-rotating meludah. [1]
·
1629: Jets uap turbin yang
dirotasi kemudian diputar digerakkan mesin pabrik stamping memungkinkan untuk
dikembangkan oleh Giovanni Branca.
·
1678: Ferdinand Verbiest
membangun sebuah model kereta uap mengandalkan jet kekuasaan.
·
1791: Sebuah paten diberikan
kepada John Barber,
seorang Inggris, untuk pertama turbin gas sejati. Penemuannya itu sebagian besar elemen hadir dalam
turbin gas modern. Turbin ini dirancang untuk menyalakan sebuah yg tdk mempunyai kuda kereta.
·
1872:
Sebuah turbin gas mesin ini dirancang oleh Dr Franz Stolze,
tapi mesin tidak pernah berlari di bawah kekuasaan sendiri.
·
1894:
Sir Charles Parsons dipatenkan ide mendorong sebuah kapal dengan
turbin uap, dan membangun sebuah demonstrasi kapal (yang Turbinia
). Prinsip ini masih propulsi dari beberapa digunakan.
·
1895: Tiga 4-ton 100 kW Parsons
aliran radial generator dipasang di Cambridge
Power Station, dan digunakan untuk daya listrik pertama skema penerangan jalan
di kota.
·
1903: A Norwegia, Ægidius Elling, mampu
membangun turbin gas pertama yang mampu menghasilkan kekuatan yang lebih
dibandingkan yang dibutuhkan untuk menjalankan komponen-nya sendiri, yang
dianggap sebagai pencapaian pada masa ketika pengetahuan tentang aerodinamis
terbatas . Menggunakan kompresor rotary dan turbin itu dihasilkan 11 hp
(besar-besaran untuk hari-hari). Karyanya ini kemudian digunakan oleh Sir Frank Whittle.
·
1914:
Aplikasi untuk mesin turbin gas yang diajukan oleh Charles Curtis.
·
1918:
Salah satu produsen turbin gas terkemuka hari ini, General Electric, mulai divisi mereka turbin gas.
·
1920:
teori praktis aliran gas melalui saluran ini dikembangkan menjadi lebih formal
(dan berlaku untuk turbin) teori aliran gas lalu airfoils oleh Dr A. A. Griffith.
·
1930: Sir Frank Whittle dipatenkan
desain untuk turbin gas untuk jet. Karyanya pada tenaga penggerak gas mengandalkan kerja dari
semua orang yang sebelumnya bekerja di bidang yang sama dan dia telah sendiri
menyatakan bahwa penemuannya akan sulit untuk mencapai tanpa Ægidius Elling
karya. Pertama yang berhasil menggunakan mesin-nya pada April 1937.
·
1934:
Raúl Pateras de Pescara dipatenkan pada free-piston mesin sebagai gas generator turbin gas.
·
1936:
Hans von Ohain dan Max Hahn di Jerman mengembangkan desain mesin dipatenkan sendiri pada
saat yang sama bahwa Sir Frank Whittle
adalah mengembangkan desain di Inggris.
Teori operasi
Turbin
gas dijelaskan secara termodinamika oleh Siklus Brayton, di mana udara dikompresi isentropic, pembakaran terjadi pada tekanan konstan, dan ekspansi
terjadi di turbin isentropically kembali untuk tekanan awal.
Dalam
prakteknya, gesekan dan turbulensi menyebabkan:
- Isentropic non-kompresi: untuk suatu tekanan secara keseluruhan rasio, suhu pengiriman kompresor lebih tinggi dari ideal.
- Non-isentropic ekspansi: walaupun penurunan suhu turbin yang diperlukan untuk menggerakkan kompresor tidak terpengaruh, tekanan terkait rasio lebih besar, yang mengurangi ekspansi yang tersedia untuk menyediakan kerja yang bermanfaat.
- Tekanan kerugian dalam asupan udara, combustor dan knalpot: mengurangi ekspansi yang tersedia untuk menyediakan kerja yang bermanfaat.
0 Komentar