Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

Proposal Bisnis Nasi Liwet

 A.     DASAR PEMIKIRAN

Dari masa ke masa masyarakat Kota sragen cenderung meningkat, khususnya pada kuliner yang sehat, bergizi dan praktis. Dari kalangan masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa dan orang tua sudah mulai sadar bahwa jajanan yang selama ini makanan cepat saji yang dikonsumsi oleh mereka belum terjamin kualitasnya terutama dari segi kebersihan dan kandungan gizinya. Karena itu  saya “Novi Ngesti Nugroho” berniat  untuk membuka usaha Nasi Liwet dengan nama “Nasi Liwet Bang Vino”. Komitmen saya adalah menyediakan produk yang sehat, lezat, bergizi dengan pelayanan cepat saji, dan nyaman.

 

B.     Tujuan

·         Menciptakan produk Nasi Liwet  yang berkualitas

·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain

·         Memiliki penghasilan sendiri

·         Mengentaskan pengangguran

 

C.      Detail produk (bahan baku, proses, dan kapasitas)

Nasi Liwet Bang Vino, berbeda dengan Nasi liwet pada umumnya, disamping rasanya yang nikmat, kandungan gizinya pun cukup tinggi karena bahan bakunya terdiri atas Beras, Santan, Ayam, Telur dan sayur – sayuran. Semua bahan baku mudah ditemukan di pasar terdekat. atau dapat juga bermitra dengan distributor beras, peternak ayam(untuk daging dan telurnya) sebagai kebutuhan bahan pokok. Sajian dan warung makan “ Nasi Liwet Bang Vino “ akan dibuat dengan bentuk yang unik, modern  dan kemasan yang menarik, sehingga dapat menarik para pembeli atau pecinta kuliner dari berbagai umur terutama bagi usia pelajar, mahasiswa dan orang tua.

Jika setiap hari, Nasi Liwet Bang Vino dapat menghasilkan sebanyak 40 box penjualan dengan biaya bahan baku Rp. 184.500,- jika dengan rata rata pada umumnya harga nasi liwet di pasaran setiap box Rp. 10.000,-. Maka dalam satu hari menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 115.500,-, jika di hitung dalam 1 bulan ( 25 hari efektif )dengan penjualan sejumlah 1000 box maka memperoleh laba Rp. 5.350.000,- Perhitungan penjualan ini saya ambil prosentase paling rendah jika jam buka warung hanya 5 jam serta diluar biaya tenaga kerja dan pemasaran.

Tempat usaha direncanakan bertempat di kios  pasar tradisional sambirejo sragen, lokasi ini dipilih karena merupakan pusat keramaian, khususnya oleh pelajar dan masyarakat . Karena disekitar lokasi terdapat pusat perdagangan, toko, kantor dan Sekolahan.   

D.     PASAR dan STRATEGI PEMASARAN

1.      Target pasar

Target Pasar terutama adalah Pelajar dan dan masyarakat yang cinta kuliner. Target penjualan sebesar 40 Box per hari, dengan target pasar; pelajar 30%, mahasiswa 10% dan para pedagang dan masyarakat umum 60%

 Berdasarkan observasi, disekitar pasar tradisional di sambirejo , belum ada usaha yang menjual produk sejenis, lebih banyak adalah mie ayam, nasi goreng,  bakmi goreng dan bakso. Dengan demikian, saingan atas usaha ini tidak terlalu berat

Dalam jangka panjang usaha ini cukup potensial, dengan jaringan pemasaran atau membuka outlet di tempat lain dan meningkatkan hasil produksi.

2.     Strategi Pemasaran

·         Slogan Nasi Liwet Bang Vino, adalah “Praktis, lezat, sehat dan Higenis

·         Pembuatan Kios / warung  yang menarik

·         Melayani pesan antar untuk pembelian minimal 10 box.

·         Promosi  Nasi Liwet Bang Vino akan dilakukan melalui pamflet, Liflet,  Radio, jaringan social media (facebook, twitter, BBM,)

·         Mengadakan NonBar sebuah acara favorit

·         Free Hotspot Area

·         Komitmen pelayanan kami adalah; harga bersaing, produk berkualitas, layanan yang cepat dan nyaman

E.   ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

Untuk menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh 2 orang Karyawan, yang sudah dilatih sebelumnya. Karyawan ini akan membantu saya dalam proses pembelian bahan baku, proses pelayanan dan penjualan.

 

BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL

 

1.

Biaya Bahan Baku 1 Hari

No

BAHAN

VOLUME

SATUAN

 BIAYA @

JUMLAH

1

Beras

3

Kg

 Rp          10.000

 Rp          30.000

2

Kelapa

5

Butir

 Rp            3.500

 Rp          17.500

3

Ayam Kampung

1

Ekor

 Rp          30.000

 Rp          30.000

4

Telur

2,5

Kg

 Rp          18.000

 Rp          45.000

5

Daun Pisang

5

Lipat

 Rp            2.000

 Rp          10.000

6

Steroform/ Kemasan

40

Biji

 Rp                700

 Rp          28.000

7

Jipan

2

Kg

 Rp            7.000

 Rp          14.000

8

Bumbu Opor+Sambal Goreng

1

Paket

 Rp          10.000

 Rp          10.000

Jumlah

 

 Rp        184.500

 KETERANGAN:  

Keterangan

Volume

Biaya @

Jumlah

Satu hari

40

Box

4.650

185.000 

Kebutuhan 6 hari

240

Box

4.650

1.116.000

Tiap bulan (25 hr)

1000

box

4.650

4.650.000

Total Biaya Bahan baku dalam 1 Bulan

 

4.650.000 

 

2.

Kebutuhan Modal

No

BAHAN

VOLUME

SATUAN

 BIAYA @

JUMLAH

1. Biaya Investasi

 

 

 

 

1

Sewa Kios

1

Petak

 Rp    6.000.000

 Rp    6.000.000

2

Kompor Gas

1

Biji

 Rp       350.000

 Rp        350.000

3

Magicjar

1

Biji

 Rp       650.000

 Rp        650.000

4

Tabung Gas

1

Biji

 Rp       500.000

 Rp        500.000

5

Etalase Makanan

1

Set

 Rp    2.000.000

 Rp    2.000.000

6

Karpet

16

Meter

 Rp       150.000

 Rp    2.400.000

7

Meja Lesehan

6

Biji

 Rp       175.000

 Rp    1.050.000

8

Piring

3

Lusin

 Rp       125.000

 Rp        375.000

9

Gelas

3

Lusin

 Rp       125.000

 Rp        375.000

10

Sendok

3

Lusin

 Rp       125.000

 Rp        375.000

11

Garpu

3

Lusin

 Rp       125.000

 Rp        375.000

12

Loyang

1

Biji

 Rp       900.000

 Rp        900.000

13

Wajan

1

Biji

 Rp       250.000

 Rp        250.000

14

Termos

1

Biji

 Rp          55.000

 Rp          55.000

15

Teko

1

Biji

 Rp          75.000

 Rp          75.000

16

Galon

1

Biji

 Rp          50.000

 Rp          50.000

17

Termos Es

1

Biji

 Rp       200.000

 Rp        200.000

18

Modem

1

Buah

 Rp       550.000

 Rp        550.000

19

Sound

1

Buah

 Rp       250.000

 Rp        250.000

20

TV LED 21"

1

Buah

 Rp    2.500.000

 Rp    2.500.000

21

Baskom

3

Biji

 Rp          45.000

 Rp        135.000

22

Papan Nama

1

Item

 Rp    2.000.000

 Rp    2.000.000

23

Biaya Pemasaran Selama 1 Bulan

 

Liflet

2

Rim

 Rp       350.000

 Rp        700.000

Panflet

200

Item

 Rp          18.000

 Rp    3.600.000

Radio

1

Bulan

 Rp    1.500.000

 Rp    1.500.000

Sub Total

 

 Rp  27.215.000

2. Biaya Operasi Per Bulan

 

 

 

 

 

Bahan Baku

25

Hari

Rp          184.500

Rp       4.612.500

 

Kemasan

1000

 

 Rp                500

 Rp        500.000

 

Tenaga Kerja

2

Pegawai

 Rp       500.000

 Rp    1.000.000

 

Biaya Lain - Lain

25

Hari

 Rp          10.000

 Rp        250.000

Sub Total

 

 Rp    6.362.500

Total Kebutuhan Modal

 

 Rp  33.577.500

 

3.

Proyeksi Pendapatan dan Biaya

No

ITEM

VOLUME

 

JUMLAH

TOTAL

1

Penjualan

 

 

 

 

 

Penjualan Per bulan ( 25 hari )

1000

Box

 Rp           10.000

 Rp 10.000.000

2

Biaya Produksi

 

 

 

 Rp        5.900.000

 

- Bahan Baku

1000

Box

 Rp               4.650

 Rp        4.650.000

 

- Tenaga Kerja

2

Orang

 Rp          500.000

 Rp        1.000.000

 

- Lain – Lain

25

Hari

 Rp             10.000

 Rp           250.000

3

Keuntungan Bersih

1

Bulan

 

 Rp        4.100.000

  

 F.       KESIMPULAN

Usaha Nasi Liwet Bang Vino ini cukup menjanjikan, karena pasar cukup terbuka, bahan baku mudah diperoleh dan dapat dikembangkan di tempat lainnya.

 

Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena  dari sisi analisis keuangannya cukup menguntungkan dan memiliki prospek pasar yang baik.

Posting Komentar

0 Komentar