PROPOSAL USAHA
TELOR ASIN PEDAS OVEN
A.
B. DATA USAHA
Nama Perusahaan : TELOR ASIN PEDAS OVEN
Bidang Usaha : PRODUKSI
Jenis Produk : PENGEMBANGAN TELOR ASIN PEDAS OVEN
Lokasi Usaha : KARANGDUREN RT 5 RW 3 SAWIT
BOYOLALI
C. DASAR
PEMIKIRAN
Cara berfikir masyarakat sekarang mulai
maju dalam memilih makanan. daerah sawit cenderung meningkat, khususnya pada
makanan yang sehat, bergizi, dan instan. Masyarakat mulai berfikir untuk
efisien waktu dan biaya dalam kehidupan mereka. Karena itu saya “fadlilah nurrahmah” berniat untuk membuka usaha Pembuatan telor asin yang
tidak hanya memiliki rasa asin (original) akan tetapi mempunyai varian lain
yaitu pedas. Selain itu pembuatan telor asin kami tidak di rebus tetapi dengan
di oven sehingga rasanya lebih enak, tidak amis, dan lebih tahan lama. Produksi
tersebut kami beri nama dengan “telor
asin pedas oven”. Komitmen kami adalah
menyediakan produk yang sehat, lezat dan bergizi.
D.
Tujuan
·
Menciptakan
produk telor asin yang berkualitas dengan berbagai varian
·
Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi diri sendiri
·
Memiliki
penghasilan sendiri
·
Membantu
ekonomi keluarga
·
Perbaikan gizi
masyarakat
E.
Detail produk (bahan
baku, proses, dan kapasitas)
Telor asin pedas oven
kami berbeda dengan telor asin pada umumnya, disamping rasanya yang pedas,
kandungan gizinya pun cukup tinggi karena bahan bakunya terdiri atas telur, cabai kering, bubuk cabai, garam beriodium, dan pembuatannya dengan di
oven sehingga menghasilkan telor asin yang enak dan tidak amis. Semua bahan baku mudah ditemukan ditoko-toko terdekat, dan kami juga bermitra dengan peternak unggas khusus
untuk kebutuhan telur. Telor asin pedas
oven akan dibuat tidak hanya berasa asin
saja tetapi dengan varian rasa lain yaitu pedas. Telor asin pedas oven cocok
untuk mereka yang menyukai makanan pedas.
Setiap hari, telor asin pedas oven dapat dihasilkan
sebanyak 150 butir dengan biaya bahan baku Rp. 300.000,-. Dalam satu bulan,
jika dihitung 30 hari efektif, maka
kapasitas produksi telor asin pedas oven sebanyak 4500 butir dengan biaya bahan
baku sebesar Rp. 9.000.000,- Perhitungan ini diluar biaya tenaga kerja dan
pemasaran.
F.
PASAR dan STRATEGI PEMASARAN
1.
Target
pasar
Target Pasar terutama adalah rumah makan dan
masyarakat umum. Target
penjualan sebesar 100 telor asin pedas oven per hari, dengan target pasar; rumah makan 80% dan lainnya 20%.
Berdasarkan observasi, di Sawit dan sekitarnya, belum ada usaha yang menjual produk sejenis,
lebih banyak adalah telor asin biasa. Dengan demikian, saingan atas usaha ini
tidak terlalu berat. Dalam jangka panjang usaha ini cukup
potensial, dengan jaringan pemasaran atau membuka outlet /cabang di tempat lain
2. Strategi Pemasaran
·
Slogan
Telor asin pedas oven, adalah “bergizi dan awet tanpa bahan pengawet”
·
Bermitra
dengan kantin sekolah
·
Bermitra dengan
rumah makan
·
Membuka outlet
yang menarik
·
Promosi telor asin pedas oven akan dilakukan melalui jejaring social media (facebook, twitter, bbm dll).
·
Komitmen
pelayanan kami adalah; harga bersaing, produk berkualitas, dan layanan yang
cepat dan nyaman
G.
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Dalam menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh 1
orang asisten, yang sudah diberi
latihan. Beliau akan membantu dalam proses persiapan, pengolahan, dan sekaligus
memasarkan hasil produksi.
H.
BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL
1. biaya bahan baku untuk 150 telor asin pedas oven, perhari
No |
BAHAN |
VOLUME |
BIAYA |
JUMLAH |
|
1 |
telor bebek |
150 |
Butir |
1.800 |
270.000 |
2 |
Batu bata |
15 |
Biji |
500 |
7.500 |
3 |
Cabe kering |
500 |
Gr |
|
10.000 |
4 |
Garam |
5 |
Kg |
1.000 |
5.000 |
5 |
Lain-lain |
|
|
|
7.500 |
|
Total |
|
|
|
300.000 |
KETERANGAN:
Keterangan |
Volume |
Biaya satuan |
Jumlah |
Tiap hari |
150 butir |
2.000 |
300.000 |
Tiap bulan |
4500 butir |
2.000 |
9.000.000 |
Biaya bahan baku
persatuan produk |
|
2.000 |
|
|
|
||||||||||||
2. |
Kebutuhan
modal |
||||||||||||
No |
BAHAN |
VOLUME |
BIAYA |
JUMLAH |
|
||||||||
1 |
Biaya investasi |
|
|
|
|
|
|||||||
|
a. Bebek Betina |
150 |
ekor |
80.000,00 |
12.000.000 |
|
|||||||
|
b. Kompor gas |
1 |
buah |
500.000,00 |
500.000 |
|
|||||||
|
c. Pembelian Oven |
2 |
buah |
1.000.000,00 |
2.000.000 |
|
|||||||
|
d. tabung gas |
1 |
buah |
140.000,00 |
140.000 |
|
|||||||
e. ember
plastik |
30 |
buah |
15.000,00 |
450.000 |
|
||||||||
Sub total |
15.090.000 |
|
|||||||||||
|
|||||||||||||
2 |
Biaya Operasional Per Bulan |
|
|
|
|
||||||||
|
-Bahan baku |
4500 |
Butir |
2.000,00 |
9.000.000 |
|
|||||||
|
- Biaya tenaga kerja |
1 |
Org |
750.000,00 |
750.000
|
|
|||||||
|
- Biaya pemasaran dan
kemasan |
30 |
Hr |
15.000,00 |
450.000
|
|
|||||||
|
- Biaya lainnya |
30 |
Hr |
7.500,00 |
225.000 |
|
|||||||
|
Sub total |
|
|
|
10.425.000 |
|
|||||||
|
Total
Kebutuhan Modal |
|
|
|
25.515.000 |
|
|||||||
3.
Proyeksi Pendapatan dan Biaya
No |
ITEM |
VOLUME |
JUMLAH |
TOTAL |
|
1 |
Penjualan |
|
|
|
|
|
Penjualan per bulan (30
hari) |
4500 |
Butir |
2.800,00 |
12.600.000 |
2 |
Biaya Produksi |
|
|
|
10.425.000 |
|
-Bahan baku |
4500 |
Butir |
2.000,00 |
9.000.000 |
|
- Biaya tenaga kerja |
1 |
Org |
750.000,00 |
750.000
|
|
-Biaya pemasaran dan kemasan |
30 |
Hr |
15.000,00 |
450.000
|
|
- Biaya lainnya |
30 |
Hr |
5.000,00 |
150,000
|
3 |
Keuntungan |
|
|
|
2.175.000 |
I.
KESIMPULAN
Usaha pengawetan
telor bebek dengan rasa pedas ini dirasa cukup menjanjikan, karena mangsa pasar
cukup terbuka, bahan baku mudah diperoleh karena lokasi produksi
berada disekitar petani dan peternak bebek. Maka kemitraan yang kita bangun
memungkinkan usaha ini dapat dikembangkan lagi dengan varian rasa lain.
Proposal bisnis ini
layak untuk dibiayai karena dari sisi analisis keuangannya cukup menguntungkan,
dari analisis kesehatannya telur ini awet tanpa bahan kimia dan memiliki
prosfek pasar yang baik.
0 Komentar