A. Roda
Roda
merupakan suatu piranti berbentuk bulat yang bekerja dengan cara berputar pada
porosnya. Pada kereta api roda berputar berada dalam satu gerakan bersama
porosnya untuk menghasilkan gerak maju atau mundur (Wikipedia). Umumnya roda
kereta api terbuat dari baja karbon dari berbagai kelas sesuai dengan standar
nasional dan internasional. Roda lokomotif pada umumnya terbuat dari baja yang
memiliki kandungan karbon 0,57 – 0,67%, dan berbeda dengan roda yang ada pada
gerbong .
Secara umum roda pada kereta api
terbagi dalam tiga jenis (Naresh Kumar) yaitu :
1.
Tyred
wheel
Tyred
wheel adalah jenis roda kereta api yang
terdiri dari dua bagian yaitu pelek dan bandage. Roda jenis ini memiliki
keunggulan yaitu biaya perawatan yang murah dikarenakan pelek dapat digunakan
berkali-kali. Akan tetapi roda jenis ini kurang baik diterapkan pada kereta api
yang bekerja dengan membawa beban yang berat. Biasanya roda ini dipakai pada gerbong penumpang
kereta api.
2.
Cast
steel wheel
Cast
steel wheel adalah jenis roda kereta api solid
yang dibentuk dengan proses penuangan dan pencetakan baja karbon. Dapat
diaplikasikan pada gerbong dan lokomotif. Roda ini lebih murah dibandingkan
dengan roda yang ditempa, tetapi usia pakai roda ini lebih cepat.
3.
Solid
monoblock wheel
Solid monoblock wheel adalah jenis roda solid yang dibentuk dengan
proses penempaan. Ini adalah jenis yang paling umum digunakan pada sistem
kereta api modern dan biasanya diaplikasikan pada roda lokomotif. Solid monoblock wheel memiliki kekuatan
material yang lebih baik dibandingkan dua jenis roda diatas, dibuat dengan ukuran 840 – 1140 mm.
0 Komentar