Penetapan merek telah lama popular
di kalangan barang konsumen. Beberapa merek menjadi semakin demikian kuat
hingga dipakai sebagai nama generic produk itu sendiri. Aspirin, shredded wheat, dan cellopane pada suatu masa merupakan nama merek. Pertumbuhan
penetapan merek terjadi setelah perang saudara (civil war), sejalan dengan pertumbuhan perusahaan nasional dan
media iklan nasional. Beberapa merek dari zaman itu masih bertahan, terutama
Boarden’s, Quaker Oats, Vaseline dan Ivory Soap. Sebagian besar merek nasional
dalam industri pariwisata bertahan kurang dari 30 tahun. Dewasa ini penetapan
merek merupakan kekuatan yang dahsyat dalam industri pariwisata. Direktur
Kleinworth Benson Securities Ltd. Dari London, Paul Slattery, meramalkan bahwa
industri hotel akan mengalami pertumbuhan megarantai.
Merek adalah nama, istilah, tanda, symbol, disain atau kombinasi dari
unsure-unsur ini, yang dimaksudkan sebagai pengenal barang atau jasa dari
penjual dan sebagai pembeda dengan pesaing. Nama merek adalah bagian dari merek
yang dapat diucapkan. Sebagai contoh Disneyland, Hilton, Club Med dan Sizzler. Tanda merek
adalah bagian dari merek yang dapat dikenali namun tidak dapat diucapkan,
seperti symbol, disain, warna atau huruf yang khas. Contohnya lengkungan emas
McDonald’s dan huruf H pada Hilton. Merek dagang adalah merek yang diberi
perlindungan hokum untuk melindungi hak eklusif penjual dalam menggunakan nama
merek dan tanda merek.
- Perangkapan Merek
Beberapa perusahann pariwisata seperti restoran Arby’s menguji atau telah
menggunakan perangkapan merek, dalam
pengertian lebih dari satu merek di bawah satu atap. Sebagai tambahan bagi
merek Arby’s, rantai restoran itu memakai TJ Cinnamon di 46 toko dalam kawasan
pasar uji. Jika berhasil, Arby’s brmaksud menambahkan TJ Cinnamon sebagai
pilhan waralababagi 3500 tokonya di dunia.
Kekuatan pendorong di balik perangkapan merek itu adalah penerimaan
tambahan dan daya tarik tambahan bagi restoran melalui merek terkenal yang
diharapkan menarik minat pelangan baru atau mengajak pelanggan lama untuk lebih
sering kembali dan lebih banyak berbelanja dalam setiap kunjungan. Salah satu
pelaku terobosan perangkapan merek adalah took-toko seperti Subway atau Taco
Bell yang menambahkan nama merek di took mereka.
- Kondisi Pendukung Penetapan Merek
Lima kondisi di bawah ini
mendorong pengambilan keputusan penetapan merek.
1. Produk akan mudah dikenali jika
menggunakan merek atau tanda merek.
2.
Produk dipersepsikan mempunyai nilai tertinggi untuk
harganya.
3.
Kualitas dan standar mudah dipertahankan.
4.
Permintaan atas kelas produk umum cukup besar sehingga dapat
mendukung rantai regional, nasional maupun internasional. Pengembangan massa yang sangat
menentukan keberhasilan merek untuk mendukung biaya overhead iklan dan
administrasi itu penting.
5.
Terdapat ekonomi skala.
·
Produk
akan Mudah Dikenali dengan Merek atau Tanda Merek
Rantai hotel dan restoran banyak dapat dijadikan contoh mengenai tampilan
yang mudah dikenali. Kerai merah putih dan cat khusus pada TGI Friday’s dan
tanda hijau pada Holiday Inn, dikenal luas oleh pelanggan. Umumnya papan
reklame di jalan bebas hambatan adalah petunjuk arah mengandalkan pengenalan
merek. Disitu hanya terpampang nama merek atau tanda merek serta arah tempat
penjualannya.
Pengembangan nama merek merupakan unsure kunci pengembangan identitas
merek. Karakteristik yang dikehendaki dari nama merek antara lain adalah:
1.
Nama merek
harus menggambarkan manfaat dan kualitas produk. Misalnya Dairy Queen,
Comfort Inns, Pizza Hut, Burger King, American Airlines.
2.
Nama merek harus mudah diucapkan, dikenali dan diingat.
Lebih membantu bila nama itu pendek. Misalnya, Wendy’s, Hilton.
3.
Nama merek harus khas. Misalnya El Torito, Avis,
Bennigan’s.
4.
Untuk perusahaan besar di masa mendatang ingin
memperluas pasar ke luar negeri, nama itu harus mudah diterjemahkan ke dalam
bahasa asing. Beberapa perusahaan mengalami bahwa nama mereka bermakna negative
bila diterjemahkan ke dalam bahasa Negara yang ingin dimasukinya.
5. Nama merek harus dapat terdaftar dan
terlindungi hukum.
·
Produk
Dipersepsikan sebagai Nilai Tertinggi untuk Harganya.
Nama merek
mempunyai nilai karena adanya dari persepsi konsumen. Merek menarik konsumen
dengan mengembangkan persepsi berkualitas dan bernilai tinggi. La Quinta
mengembangkan citra yang baik bagi para pelancong bisnis yang menginap semalam,
sedangkan Embassy Suites mengembangkan citra nilai tinggi bagi mereka yang
menginginkan hotel yang semuanya suite.
Konsep nama merek
meluas hingga tempat tujuan turis. Vail, Aspen, Acapulco, Palm Srpings, dan
French Riviera telah mengembangkan reputasi, persepsi konsumen, dan harapan
yang tinggi. Mereka yang mempromosikan dan mengembangkan tujuan turis harus
bertanggungjawab memajukan dan memastikan citra merek yang menguntungkan.
Peraturan
pembangunan gedung yang ketat, koordinasi promosi, penonjolan tempat bersejarah
dan pelindungan terhadap pemurunan kualitas lingkungan merupakan hal-hal
penting bagi kesuksesan tempat tujuan turis. Kamar dagang, asosiasi promosi
turis, dewan kota, pemerintah daerah, kelompok lingkungan dan masyarakt sejarah
berperan penting dalam perlindungan merek suatu tempat tujuan.
·
Kualitas dan Standar Mudah Dipertahankan
Agar bisa sukses,
merek multi unit besar seperti Pizza Hut, Holiday Inn, Chili’s harus
mengembangkan standar bagi seluruh sistem agar memenuhi harapan pelnaggan. Bila
merek berhasil mengembangkan citra kualitas, pelanggan akan mengaharapkan
kualitas yang sama di semua tempat penjualan dengan nama merek yang sama. Merek
dan kebijakan yang tidak konsisten akan menurunkan citra merek. Konsistensi dan
standarisari merupakan faktor yang kritis.
Konsumen sering menjadi setia pada merek.
Manfaat utama penerapan merek adalah penciptaan pelanggan yang loyal. Mereka
membeli merek ketika tersediaannya, semakin kuat nama mereknya. Hampir semua
rantai hotel besar mencoba mempunyai
lokasi di tujuan utama di wilayah pasarnya. Beberapa rantai di Amerika Serikat
membuka hotel yang mereka tahu tidak akan mendatangkan laba selama
bertahun-tahun, dengan tujuan menyediakan hotel bagi pelanggan hotel di kota
besar.
0 Komentar