PERHITUNGAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM BAHAN LOGAM PADA
LOKOMOTIF CC 205 (EMD
GT38ACe)
DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)
SubDrive III DIPO TANJUNG KARANG
(Laporan Kerja
Praktek)
Oleh :
Aan Hendridunan Maheda
JURUSAN TEKNIK
MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS LAMPUNG
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Nama
Mahasiswa : Aan Hendridunan
Maheda
NPM :
0815021018
Jurusan : Teknik
Mesin
Fakultas
: Teknik
Judul : PERHITUNGAN
LAJU KEAUSAN KAMPAS REM BAHAN LOGAM PADA LOKOMOTIF CC 205 (EMD GT38ACe)
DI PT. KERETA API INDOESIA (PERSERO) SubDrive
III DIPO TANJUNG KARANG
Waktu
pelaksanaan : 1 Oktober –
3 November 2012
Tempat Pelaksanaan : PT. Kereta Api Indonesia
(PERSERO) SubDrive III
DIPO TANJUNG KARANG.
Bandar
Lampung, Mei 2013
Menyetujui,
Dosen
Pembimbing Dosen
Pembahas
Dr.
Eng. Shirley Savetlana,M.Met. Zulhanif, S.T., M.T.
NIP. 197402021999102001 NIP.
197304022000031002
Mengesahkan,
Ketua Jurusan Teknik
Mesin
Harmen
Burhanuddin,
S.T., M.T.
NIP. 196906202000031001
SANWACANA
Assalamu’alaikum
Wr.Wb
Puji syukur penulis
hantarkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya
sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan kerja praktek ini. Shalawat
serta salam penulis haturkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW yang
telah mengubah umat manusia dari keadaan gelap gulita menjadi keadaan
terang-benderang.
Kerja Praktek ini
merupakan salah satu syarat kurikulum pada Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin
Universitas Lampung. Tujuan kerja praktek ini adalah memberi kesempatan kepada
para mahasiswa untuk lebih mengenal keadaan dilapangan yang berhubungan dengan
bidang study yang selama ini diperoleh dibangku kuliah dan sebagai bahan
perbandingan dengan teori yang telah diperoleh.
Dalam melaksanakan
kerja praktek ini penulis mendapat kesempatan melakukan kerja praktek di PT.
Kereta Api Indonesia (PERSERO) SubDrive III
DIPO TANJUNG KARANG Bandar Lampung yang di laksanakan pada tanggal 1 September
– 2 November 2012.
Pada kesempatan ini
penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada
orang-orang yang telah membantu selama melaksanakan Kerja Praktek di PT. Kereta
Api Indonesia (Persero) SubDrive III
DIPO TANJUNG KARANG Bandar Lampung dan dalam penyelesaian laporan kerja praktek
sehingga dapat
berjalan dengan baik. Ucapan terima kasih tersebut layak penulis haturkan
kepada :
1.
Allah SWT .
2.
Kedua orang tuaku
tercinta yang terus menerus memberikan doa tulusnya dan mensupport penulis
dalam menyelesaikan laporan kerja praktek ini. Serta kedua adik-adik ku Yunita
ratnasari dan Andrayana terima kasih telah memberikan semangat buat ku.
3.
Bapak Harmen Burhanudin
sebagai ketua jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung.
4.
Bapak gusri akhyar
sebagai koordinator kerja praktek Teknik Mesin Universitas Lampung
5.
Ibu Dr. Eng. Shirley
Savetlana,M.Met. sebagai dosen pembimbing kerja praktek.
6.
Bapak Zulhanif, S.T.,
M.T. sebagai dosen pembahas kerja praktek.
7.
Bapak iwan selaku
pembimbing lapangan di DIPO Tanjung Karang yang telah membimbing penulis selama
melaksanakan kerja praktek.
8.
Teman-teman teknisi di
DIPO, Mbah Dian Katro, Denis, Adit n semuanya yang tidak bisa saya sebutkan
semuanya, terima kasih atas bantuannya selama saya melakukan kerja praktek.
9.
Penyemangat tercantik
Reni Indriana yang selalu menyemangati dan memberi dukungan buat saya.
10. Sahabat-sahabat
ku di KOPMA, Odon, yan Jembre, Hermanto yang nyampe sekarang belum bisa ngomong
“R”, Intan cmud, Annisa idung, Nonot, Desty my kadiv & Kukuh terima kasih
telah membantu dan memberikan canda tawa selama menyusun laporan ini.
11. Teman-teman
pengurus UKM FUTSAl, Novi, Ellis, Ezar Itong, Riski, n Oge yang telah
memberikan semangatnya.
12. Adik-adik
kopma, Renita, wirda, Dwi, Nouna, Launa, Eka, Fitri, Desti wulandari, rima,
alan,arif ketum.
13. Seluruh
teman-teman Teknik Mesin Universitas Lampung angkatan 2008 terutama untuk
kehadirannya saat seminar dan juga bantuannya dalam menyiapkan ruang seminar.
Penulis sepenuhnya
menyadari bahwa dalam laporan kerja praktek ini masih banyak kesalahan dan
kekurangan , baik karena keterbatasan ilmu yang dimiliki maupun karena penulis
sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan.
Oleh karena itu, saran
dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak sangat diharapkan demi
kebaikan bersama. Semoga laporan kerja praktek ini dapat bermanfaat pada diri
penulis dan untuk kemajuan Teknik Mesin Universitas Lampung serta PT. Kereta
Api Indonesia (PERSERO) SubDrive III
DIPO Tanjung Karang.
Semoga Allah SWT selalu
memberikan kemudahan dan jalan bagi kita semua, amin.
Bandar Lampung,
10 Mei 2013
Penulis
Aan Hendridunan
Maheda
DAFTAR ISI
Halaman
ii
|
|
0 Komentar